Cuaca Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi, BI- BMKG Teken MoU

Senin, 29 Januari 2018 | 20:31 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar. Penandatanganan tersebut berlangsung di Hotel Aryaduta, Senin (29/01/2018).

Kerjasama tersebut berkaitan dengan informasi cuaca yang dapat diperoleh BMKG terutama di daerah-daerah sentra produksi komoditi utama penyumbang inflasi Sulsel. Dengan kerjasama tersebut, diharapkan langkah kebijakan dalam pengendalian inflasi di Sulsel dapat dilakukan dengan semakin baik.

“Kesinambungan pengendalian inflasi tersebut tentunya terus membutuhkan dukungan dari seluruh pihak, termasuk BMKG,” ujar Kepala Perwakilan BI Sulsel, Bambang Kusmiarso, Senin (29/01/2018).

Dukungan informasi cuaca dalam momentum pertumbuhan ekonomi, antara lain tentunya terkait dengan ketepatan waktu pembangunan infrastruktur, perencanaan waktu tanam/panen, yang akan sangat membantu petani/nelayan dalam meningkatkan produktifitas hasil peetanian/ perikanan.



“Kami memandang kerjasama ini menjadi sangat penting dalam upaya pengendalian inflasi dan pertumbuhan ekonomi di Sulsel,” jelasnya.

Dikatakannya, kerjasama yang telah ditandatangani difokuskan pada empat area utama yaitu pertukaran data dan informasi, forum koordinasi data dan informasi, pengembangan kompetensi sumber daya manusia, serta bentuk kerjasama lainnya yang diperlukan sesuai tugas dan kewenangan masing-masing instansi.

“Kita harapkan kerjasama ini dapat memberikan manfaat dan dukungan yang optimal kepada pemerintah daerah dalam pengelolaan ekonomi,” jelasnya.(*)


BACA JUGA