Pemprov Sulsel Harus Petakan Produk Unggulan

Senin, 29 Januari 2018 | 14:05 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menghadiri Acara Pertemuan Kepala Dinas Perdagangan Se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin (29/1/2018). Acara ini selain dihadiri oleh perwakilan dinas perdagangan Pemprov seIndonesia juga turut hadir ketua Dewan Pakar APPSI Ryas Rasyid.

SYL selaku ketua APPSI mengatakan tujuan dari kegiatan ini dalam rangka menyusung secara bersama road mal kerjasama perdagangan antara daerah. Pada pertemuan ini diharapkan setiap daerah dapat memetakan produk unggulan daerahnya.

pt-vale-indonesia

“Setiap daerah diharapkan dapat mempetakan produk unggulan daerah dan disesuaikan dengan kebutuhan daerah lain,” kata Syahrul YL, saat membuka acara.

Ia menambahkan, pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari workshop di Jawa Timur tahun lalu, Jatim menjadi tuan rumah penyelenggaraan workshop APPSI pada tanggal 21-23 November 2017 lalu. Workshop yang berlangsung di Hotel Shangrilla Surabaya tersebut mengangkat tema Optimalisasi Kerjasama Perdagangan Antar Daerah.

Dimana kegiatan tersebut juga sebagai bentuk persiapan untuk penandatanganan MoU antara para Gubernur di Indonesia yang akan dilakukan pada Mukernas APPSI 2018.

Pemerintah daerah pun dituntut untuk saling memaksimalkan perdaganganya untuk saling memenuhi kebutuhan daerah lain yang ada di Indoneisia.

Struktur pemerintah harus sampai ke daerah-daerah. “Pemerintah harus di downsizing ke daerah-daerah,” sebutnya.

APPSI juga memiliki peranan penting menjadi garda terdepan dalam menjalankan program strategis pemeritah pusat ke daerah-daerah.(*)


BACA JUGA