UPTD Terkesan Tak Mampu Tangani Siswa Bolos Sekolah di Gowa

Senin, 29 Januari 2018 | 14:03 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa,Gosulsel.com – Siswa SMA/SMK bolos sekolah jadi pemandangan tak asing lagi di Gowa. Hampir setiap harinya banyak siswa ditemukan tak masuk belajar pada jam pelajaran. Ironisnya, Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) Gowa, terkesan tak mampu berbuat apa-apa untuk mengantasipasi siswa bolos sekolah tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadiknas) Gowa, Dr Salam pun menyatakan, keprihatinannya mengenai siswa yang berkeliaran di jam pelajaran. Dr Salam mengatakan, dirinya sangat prihatin dengan kondisi tersebut. Kata dia, sudah menyampaikan hal tersebut ke UPT Diknas Sulsel.

“Iya endik, kami juga sangat prihatin atas kondisi itu. Kami sudah sampaikan ke UPT Diknas Sulsel,” kata Dr Salam.

Dia mengatakan, saat ini sudah tidak berlaku lagi Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB). Sejak penanganan SMA/SMK dan sederajat diambil alih Pemprov Sulsel.



“Sejak diambilalih Pemprov Sulsel, siswa SMA/SMK sekarang mereka tidak bisa lagi di kontrol,”ujarnya.

Pantauan Gosulsel.com, di sekitar Lapangan Syekh Yusuf terlihat beberapa siswi yang bersantai di taman sekira pukul 11.19 wita. Sayangnya ketika hendak di dekati mereka langsung bubar dan pindah ke lokasi lain.

Kepala UPT SMA/SMK Wilayah Gowa, Ernawati yang dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi semua sekolah untuk menjaga siswanya agar tidak keluar selama jam pelajaran.

“Kami sudah wanti-wanti kepala sekolahnya untuk menjaga siswa tidak keluar selama jam pelajaran,” kata Ernawati saat dikonfirmasi via Whatsapp, Senin (29/01/2018).

Dia mengatakan, pihaknya sudah melarang agar tidak keluar lingkungan sekolah selama Proses Belajar Mengajar (PBM) berlangsung kecuali jam istirahat.


BACA JUGA