12 Partai Lama Dinyatakan Lolos Verifikasi

Rabu, 31 Januari 2018 | 14:07 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com — Sebanyak 12 Partai lama di Sulsel dinyatakan lolos memenuhi syarat verifikasi faktual. Hal ini dinyatakan oleh Ketua KPU Sulsel, Iqbal Latief setelah melakukan verifikasi faktual selama dua hari berturut-turut.

Partai tersebut, yakni PKB, PDI Perjuangan, PAN, PBB, Hanura, Golkar, PKPI, PPP, Demokrat, Gerindra, NasDem dan PKS.

Dia mengatakan, secara umum semua partai politik lama ini sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti verifikasi faktual. Sehingga pihaknya sama sekali tidak menemukan kendala yang berarti.

“Karena sudah mempersiapkan diri untuk diverifikasi, sehingga tidak ada kendala yang berarti di dalam proses verifikasi, dan dinyatakan semua lolos,” kata Iqbal Rabu (31/1/2017).



Apalagi, kata dia verifikasi kali ini relatif muda. Hanya mencocokan data dengan kepengurusan inti, Ketua, Sekretaris dan Bendahara (KSB), keterwakilan 30 persen pengurus perempuan dan status kantor.

Adapaun perihal hal-hal yang perlu dilakukan perbaikan akan menjadi catatan KPU. Pihaknya akan melakukan komunikasi dengan leasion officer (LO) partai politik untuk segera dilakukan perbaikan dan penyelesaian.

“Masa perbaikan itu sampai tanggal 3 Fabruari, dan ini akan kami kirim ke KPU pusat hasil verifikasi kita, dan KPU pusat pada tanggal 17 Februari akan menetapkan Parpol yang akan menjadi peserta Pemilu,” kata Iqbal.

Dia menjelaskan, ada beberapa masalah yang ditemukan, namun tidak subtansial dan hanya persoalan administrasi saja, seperti pergantian Sekretaris Demokrat Sulsel. Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris baru belum disesuaikan dengan istem informasi partai politik (Sipol) KPU.

“Kami juga sudah menyarankan, bahwa proses untuk perubahan pengurus itu disesuaikan dengan yang ada di Sipol,” tandasnya.(*)