#

Kampung Rappocidu Segera Diaspal, Alokasi Anggarannya Rp1,6 M

Kamis, 01 Februari 2018 | 02:02 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Rusli - GoCakrawala

Gowa,GoSulsel.com – Warga Kampung Rappocidu, Kelurahan Samata, Kecamatan Somba Opu, Gowa patut bergembira. Dalam waktu dekat, jalan akses ke Kampung Rappocidu akan diaspal. 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa telah menganggarkan Rp1,6 miliar di APBD 2018 untuk pembangunan jalan ke Kampung Rappocidu. Lurah Samata, Ikbal mengatakan, akses menuju Kampung Rappocidu selama ini sangat susah. Harus melewati pematang sawah. Bahkan, saat musim hujan, warga disana kerap terisolir oleh banjir. 

Namun, berkat perjuangan yang gigih di Musrenbang, akhirnya usulan pembangunan jalan ke Kampung Rappocidu disetujui Pemkab Gowa. “Alhamdulillah, sudah siap anggarannya. Tahun ini jalannya dikerjakan,” tutur Ikbal di ruang kerjanya, Rabu, 31 Januari 2018.

Ikbal mengakui, dalam dua tahun ini, pembangunan jalan ke Kampung Rappocidu menjadi usulan prioritas di musrenbang. Adapun, panjang jalan yang dibangun Rp1,3 km. Kampung Rappocidu sendiri, terletak di wilayah Lingkungan Borong Raukang. Jumlah warga yang bermukim disana berkisar kurang lebih 36 kepala keluarga (KK). 



“Akses jalan memang yang paling dikeluhkan masyarakat disitu. Kalau hujan mereka harus naik perahu,” katanya.

Mengacu pada pencapaian musrenbang, Kelurahan Samat mendapatkan total anggaran infrastruktur fisik sebesar Rp3,6 miliar. Selain pembangunan jalan ke Kampung Rappocidu sebesar Rp1,6 miliar.

Alokasj lainnya adalah Rp130 juta untuk pengaspalan jalan Abdul Kadir Dg Suro-Jalan Makkawari 10 sepanjang 1,1 kilometer. Kemudian pengaspalan jalan Lingkungan Borong Raukang senilai Rp870 juta. 

“Kelurahan Samata juga dapar Bantuan Dana Investasi (BDI) APBN senilai Rp500 juta,” sebut Ikbal. 

Ketua Forum Anak Kabupaten Gowa, Hasmita mengapresiasi rencana pembangunan jalan ke Kampung Rappocidu.

“Dengan pembangunan jalan itu akan membantu aktivitas warga Kampung Rappocidu, terutama yang anak-anak disana menuju sekolahnya,” singkatnya.(*)


BACA JUGA