Pemkot Makassar Gaet ADB Atasi Pemukiman Kumuh

Jumat, 02 Februari 2018 | 16:16 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

MAKASSAR, Gosulsel.com — Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menerima kunjungan dari Asean Development Bank (ADB), di kediaman pribadinya, Jalan Amirullah, Jumat (2/2/2018).

Kunjungan tersebut guna membahas tentang realisasi kerjasama revitalisasi pemukiman kumuh dan lingkungan di Kota Makassar.

Kasubag Kerjasama Antar Daerah/Lembaga pada Bagian Perekonomian dan Kerjasama Pemkot Makassar, Najiran Syamsuddin mengatakan, ada 12 titik yang akan disentuh melalui revitalisasi. Diantaranya Kecamatan Manggala, Kecamatan Biringkanaya, dan Kecamatan Tamalanrea.

“Kerjasama ini dalam bentuk bantuan teknis terhadap pemukiman kumuh. Hari ini kita sudah tanda tangan dan sudah berjalan revitalisasinya. Project pertama ada di Jalan Batua Raya,” kata Najiran.

Najiran menambahkan, bantuan teknis dari ABD berupa pemberian fasilitas untuk pemanfaatan air bersih, dan water sensitive city, yang merupakan salah satu bagian dari konsep pendekatan infrastruktur hijau.

Tujuan pendekatan konsep ini, yaitu untuk melakukan pendekatan perencanaan dan perancangan kota, yang berhubungan dengan sumber air dan manajemen lingkungan. Serta meminimalisasi dampak yang ditimbulkan oleh keberadaan air di permukaan perkotaan.(*)


BACA JUGA