WNA Asal Argentina Culik Anaknya Sendiri Sembunyikan di Toraja

Rabu, 07 Februari 2018 | 21:29 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Indra Ahmad - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Direktorat Reserse Kriminal (Direskrim) Polda Sulsel mengamankan warga negara asing (WNA) asal Argentina yang diduga menjadi tersangka penculikan anak.

WNA yang diamankan di Toraja tersebut yakni Jorge Gabriel (42) dan kekasihnya Candela Soledad (33), sementara korban penculikan yang merupakan anak kandungnya sendiri bernama Alum (7).

Pada saat penangkapan tersangka bersama korban berada di Wisma Sallebayu Restaurant & Bungalows Kelurahan Pata’nakan Lolo, Kecamatan Kesu’, Kabupaten Tana Toraja, Selasa (6/2/2018) kemarin.

Penangkapan ini berdasarkan perintah dari NCB Interpol dan Kedutaan Besar Argentina yang menginformasikan bahwa ada anak yang diculik oleh bapaknya, dan kemungkinan besar lokasinya berada di Sulsel.

“Setelah itu diinformasikan kemungkinan besar ada di sulsel, tepatnya di Sulsel ternyata ada di Toraja. Kita minta Kapolres Toraja mencari identitas tersebut, ternyata kapolres Toraja menemukan di suatu tempat,” jelas Wakapolda Sulsel, Brigjen Pol Mas Guntur Laupe saat konferensi pers di Mapolda Sulsel , Rabu (7/2/2018).

Diketahui kasus ini adalah permasalahan keluarga. Ibunda Alum, Elizabeth Avalos (27) melaporkan anaknya diculik oleh mantan suaminya ke Kepolisian Argentina. Polisi setempat kemudian bermohon kepada Interpol untuk menerbitkan red notice kepada ayah Alum, karena diketahui berada di luar wilayah hukum Kepolisian Argentina.

“Korban diculik sejak 4 Juni 2017 di Argentina setelah itu dibawa kebeberapa negara terakhir di Malaysia sebelum dibawa ke Toraja,” tuturnya. (*)