Mobil Pasikola Makassar Sabet Penghargaan Internasional

Kamis, 08 Februari 2018 | 15:02 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

MAKASSAR, Gosulsel.com — Makassar kembali meraih penghargaan internasional di bidang Smart City, jelang empat tahun masa kepemimpinan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto,

Pasikola berhasil menyisihkan 200 negara kompetitor yang mengusung konsep smart city di ajang 2018 Smart City Innovative Application Awards, sedangkan Home Care, dan Lorong Sehat (Longset) berhasil menjadi finalis pada ajang yang sama.

pt-vale-indonesia

Kompetisi yang dilaksanakan di Kota Taipe, yang merupakan ibu kota sementara Republik Tiongkok serta menjadi kota terbesar di Taiwan ini, diselenggarakan oleh Smart City Association.

Ada sekira lima kriteria yang menjadi indikator penilaian inovasi yang diikutsertakan, yaitu berkelanjutan dalam masyarakat, membantu masyarakat dalam aspek ekonomi, didukung oleh masyarakat atau pengguna atau lingkungan sosial, dan telah diuji keberhasilan prototype pelaksanaannya, serta inovasi ini mewakili konsep Smart City yang dapat diadaptasi oleh seluruh lapisan masyarakat.

Setiap tahunnya dipilih pemenang yang mewakili untuk setiap kategori, dan kali ini ada 10 kategori penilaian yaitu, Smart building, Smart healtcare, Smart education, Smart energy, Smart commerce, Smart tourism, Smart mobilty or transportation, Smart agriculture, Smart governance, dan Smart disaster prevention.

“Pasikola menang di kategori Smart Mobility or Transportation, sementara Home Care dan Longset masuk menjadi finalis untuk Smart Healtcare,” kata Kasubag Kerjasama Antar Daerah/Lembaga pada Bagian Perekonomian dan Kerjasama Pemerintah Kota Makassar, Najiran Syamsuddin.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Danny Pomanto, mengaku sangat mengapresiasi torehan prestasi yang dicapai jajaran pemerintahannya. Capaian ini dimaknai sebagai bentuk dedikasi dan komitmen pemerintahannya terhadap visi Makassar dua kali tambah baik.

“Alhamdulillah, kinerja pemerintah kota kembali mendapatkan apresiasi dunia. Prestasi ini menjadi capaian kita bersama, pemerintah dan seluruh entitas masyarakat,” ungkap Danny.

Dijadwalkan penyerahan penghargaan akan berlangsung pada 27 Maret 2018 nanti di Taiwan. Penghargaan akan diserahkan oleh  Presiden Taiwan (ROC) President Mrs. Madam Tsai.(*)


BACA JUGA