Pemkot Makassar Beri 188 KIS Bagi Gelandangan Psikotik

Jumat, 09 Februari 2018 | 03:14 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

MAKASSAR, Gosulsel.com — Dinas Sosial Kota Makassar melakukan penyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Rumah Sakit Umum Daerah Dadi Makassar atau dikenal Stroke Center, Jalan Lanto Daeng Pasewang, Jumat (9/2/2018).

Penyerahan KIS yang dilakukan bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar tersebut, diperuntukkan bagi gelandangan psikotik yang terjaring Dinas Sosial.

“Hari ini kami menyalurkan 188 keping KIS yang kemudian dapat digunakan untuk perawatan mereka (gelandangan psikotik), melalui BPJS Kesehatan,” kata Kepala Dinas Sosial Makassar Mukhtar Tahir, Jumat (9/2/2018).

Mukhtar menuturkan, penyerahan KIS ini merupakan salah satu wujud perhatian Pemkot Makassar terhadap seluruh masyarakat, termasuk gelandangan psikotik.

“Ini program berkelanjutan, psikotik yang yang terjaring ini terkadang tidak mempunyai keluarganya. Olehnya itu kita menguruskan KIS untuk mereka. Sehingga pembiayaan pengobatan mereka ditanggung pemerintah,” pungkasnya.

Gelandangan psikotik adalah orang yang mengalami kelainan jiwa yang disertai dengan disintegrasi kepribadian dan tidak mempunyai atau diurus oleh keluarga.(*)


BACA JUGA