#,

Program Fokus Tuntas Jadi Andalan Sulsel Bagus

Selasa, 20 Februari 2018 | 22:35 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,Gosulsel.com – Pasangan Calon Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Agus Arifin Nu’mang dan Wakil Gubernur Tanribali Lamo yang dikenal dengan tagline “Sulsel Bagus” mengusung Program Fokus Tuntas sebagai program andalan jika nanti terpilih memimpin Sulsel. 

“Program Fokus Tuntas ini adalah program yang benar-benar menjawab kebutuhan masyarakat,” kata Tanribali Lamo yang ditemui di sela HUT ke-58 Kabupaten Barru, Selasa 20 Februari. 

Program Fokus Tuntas ini, lanjutnya, terdiri atas sembilan point. Pertama, yaitu membangun 500 km jalan strategis provinsi yang menghubungkan kawasan Latimojong, Bulusaraung dan Bawakaraeng. 

Pembangunan jalan ini akan membuka akses bagi daerah-daerah yang terisolir antar kabupatenl, sehingga dapat menggerakkan perekonomian di daerah tersebut.

Point kedua, lanjutnya, adalah menghadirkan 50 sekolah menengah kejuruan unggulan gratis yang lulusannya bisa langsung bekerja.

“Jadi di daerah seperti Toraja dan Toraja Utara yang mengandalkan sektor pariwisata, kita hadirkan SMK Pariwisata, jadi lulusannya bisa langsung terserap,” ucapnya. 

Point ketiga adalah Rp2 triliun untuk pengembangan wirausaha di seluruh pedesaan di Sulsel. Selanjutnya, pada point ke-empat pihaknya juga akan memberikan Rp2 triliun untuk pembangunan sosial keagamaan untuk masyarakat berkeadilan dan berkeadaban.

“Kita tidak hanya menitikberatkan pada pembangunan fisik, tetapi juga keagamaan,” imbuhnya.

Di bidang kesehatan, pada point ke-lima, pihaknya akan menghadirkan 5 rumah sakit rujukan baru provinsi. Sementara pada point ke-enam, di bilang pertanian dan perikanan pihaknya akan memberikan 50 juta paket bibit/benih gratis untuk revitalisasi revolusi hijau dan biru.

Pada point ke-tujuh AganTa  akan mengentaskan 120.000 KK Miskin (450.000 0rang), dengan Gerakan Kesetiakawanan Sosial Sipatuo-Sipatokkong. Point ke-delapan memfasilitasi tumbuhnya ekonomi kreatif dari masyarakat untuk mendukung sektor pariwisata.

Terakhir, pihaknya akan melakukan rekruitment dan promosi jabatan secaraVtransparan untuk memastikan pemerintahan yang profesional bersih tanpa KKN.

Tanribali memastikan jika nantinya terpilih, ia bersama Agus Arifin Nu’mang akan mampu mewujudkan semua program Fokus Tuntas tersebut. 

“Pak Agus sudah berpengalaman sebagai wakil gubernur selama sepuluh tahun,  jadi ia sudah benar-benar paham, kami pastikan program ini dapat kami wujudkan, bukan hanya sekedar janji,” pungkas Tanribali. (*)


BACA JUGA