Hikmawati, Ketua Fraksi PDIP Gowa Gelar Reses di Lokasi Langganan Banjir

Rabu, 07 Maret 2018 | 13:10 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Reses anggota DPRD Gowa merupakan bentuk timbal balik dan kepedulian terhadap konstituennya pada masing-masing Dapil.

Salah satunya, Hikmawati, ketua Fraksi PDIP Dapil I Somba Opu, melakukan reses di wilayah yang kerap jadi langganan banjir di Kelurahan Samata.

Kedatangan Hikmawati menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh warga Samata. Mengingat, ada beberapa hal penting berupa aspirasi dan usulan yang mereka sampaikan. 

Hikmawati mengatakan, dirinya bukan sebagai pengambil kebijakan, tugasnya hanya mengawal aspirasi ini sampai kepada Bupati Gowa selaku orang nomor satu di Butta Bersejarah ini. 

Dengan perbaikan jalan sepanjang 2700 meter di daerah Samata tentu menjadi hal yang menyentuh hati Masyarakat. 

“Dengan adanya perbaikan jalan itu sangat membantu masyarakat dalam melakukan aktifitas sehari-hari, petani lebih mudah untuk membawa hasil panennya, dengan adanya pengerasan jalan, siswa-siswa tak perlu lagi melewati hutan bambu. Inilah program-program pemerintah yang menyentuh warga,” ujarnya via telepon. Selasa (6/3/2018). 

Dia juga katakan, ada masalah yang menjadi fokusnya saat ini. Berdasarkan keluhan warga Samata, ada wilayah yang menjadi langganan banjir kiriman. 

“Setiap tahun menjadi langganan banjir di perumahan Bumi Samata Permai, banjir di wilayah itu bisa sampai paha orang dewasa,” ungkapnya.

Kata dia, dengan adanya Reses, dirinya baru mengetahui bahwa terdapat sungai belakang perumahan tersebut. 

“Alhamdulillah berkat Reses ini saya bisa mengetahui kalau ternyata pemicu banjir setiap tahun di perumahan ini karena adanya sungai besar dibelakang perumahan Bumi Samata Permai ini,” ujarnya. 

Lebih jauh, Hikmawati menjelaskan, sungai tersebut sudah sangat dangkal, karena adanya penumpukan pasir didasar sungai, sehingga masyarakat mengusulkan untuk dilakukan pengerukan oleh Dinas terkait dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup. 

“Pengerukan ini harus dilakukan dengan kerja sama antara Pemerintah Kota Madya bersama dengan Penerintah Kabupaten, jika Pemkot Madya melakukan tapi Pemkab tidak turut membantu kan sama saja tidak membuahkan hasil yang baik,” jelas Ketua Fraksi PDIP Gowa ini. 

Menurutnya, jika kedua pemerintah ini saling bekerja sama melakukan pengerukan, maka masyarakat tidak akan mengalami banjir tahunan tersebut. 

Warga samata sangat antusias menghadiri Reses tersebut, sebanyak 170 warga hadir dan turut andil menyampaikan aspirasi mereka. (*)


BACA JUGA