Gowa Raih Penghargaan Terbaik Perencanaan Pembangunan Daerah

Rabu, 28 Maret 2018 | 21:46 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Sungguminasa, Gosulsel.com — Pemerintah Kabupaten Gowa kembali memperoleh penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam hal Perencanaan Pembangunan Daerah (PPPD) terbaik pertama di tingkat Kabupaten se Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2018.

Penghargaan ini kali kedua diraih oleh Pemkab Gowa. Berbeda pada tahun sebelumnya, yang menempatkan Gowa pada posisi kedua setelah Kota Makassar.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyerahkan secara langsung penghargaan ini kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis, di Musyawarah Perencanaan pembangunan Daerah Tingkat Provinsi Sulsel bertempat di Hotel Grand Clarion Makassar, Rabu (28/3).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kab Gowa, Taufiq Mursad menjelaskan terkait pencapaian ini.
“Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) rutin dinilai tiap tahunnya oleh tim Provinsi didampingi tim ahli dari Akademisi,” jelasnya

Adapun indikator penilaian ini meliputi, “Penilaian ini mencakup sistematimatika penulisan, kesesuaian program Nasional, Provinsi dan Kabupaten, rangkaian dan proses perencanaan, capaian program/kegiatan dalam RPJM, serta inovasi-inovasi program. Ketaatan kita dalam menyusun program dan kegiatan sesuai runtutan tahapan, tehknik dan penguasan materi serta persentasi pada saat evaluasi, juga merupakan poin penting dalam penilaian ini,” tambah Taufiq.

Menurut Sekda Gowa, H. Muchlis pencapaian ini juga ditunjang dengan inovasi yang ditargetkan ke setiap SKPD lingkup Pemkab Gowa.

“Sejak dua tahun ini Pemkab Gowa terus memacu dan menstimulus semua SKPD memiliki inovasi dan gebrakan. Inovasi yang dikembangka dengan mengacu ke RPJM Kabupaten Gowa. Nah, inovasi ini kemudian mendapatkan poin penting dan dinilai bagus oleh Pemprov. Inovasi yang dilakukan dinilai mempermudah semua proses pelaksanaan program demi mencapai target RPJMD yang sudah ditentukan, ” menjelaskan lebih lanjut

Sementara peringkat kedua diraih Kabupaten Sinjai dan peringkat Ketiga diraih Kabupaten Bone.(*)


BACA JUGA