Siswa-siswi SMA melaksanakan UNBK di salah satu SMA di Makassar, tahun lalu.

UNBK: SMAN 1 Gowa Siapkan 240 Laptop, Libatkan TNI & Polri

Rabu, 04 April 2018 | 14:37 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Rusli - GoCakrawala

Gowa,GoSulsel.com – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Gowa, terus memantapkan persiapan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2017/2018, 9 April 2018 mendatang.

Sarana penunjang UNBK seperti komputer dan laptop termasuk server (jaringan) juga sudah tersedia. Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Negeri 1 Gowa, Muh Arsyad mengatakan, dalam menunjang kelancaran UNBK, pihaknya menyiapkan 280 unit laptop untuk digunakan oleh siswa.

Laptop itu, kata dia, berasal dari sumbangsih guru, pegawai, alumni dan orang tua siswa. “Persiapan kita menghadapi UNBK sudah 90 persen. Laptop juga telah tersedia. Jumlahnya sekitar 280 unit,” ujar Arsyad kepada wartawan, Rabu, 5 Maret.

Begitupun dengan server komputer yang akan digunakan saat UNBK. Arsyad menyebutkan, ada 9 server yang disiapkan, meliputi tujuh server utama, dan dua server cadangan. Setiap server, kata dia bisa mencover dua ruangan sekaligus dengan jumlah peserta ujian 40 siswa.

“Soal server ini juga sudah tidak masalah. Dengan jumlah 14 ruangan yang kita gunakan, Insya Allah semuanya bisa tercakup. Sebab, setiap server mencover dua ruangan,” jelasnya.

Total siswa SMA Negeri 1 Gowa yang mengikuti UNBK tahun ini, lanjut Arsyad sebanyak 742 orang atau terbanyak di tanah air. Mantan Kepsek SMA Negeri 1 Bontomarannu ini menegaskan, demi kenyamanan dan kelancaran UNBK, penjagaan pun dipastikan sangat ketat.

“Kita libatkan polisi dan tentara bersama dengan penjaga sekolah melakukan penjagaan selama UNBK. Ini bentuk tanggungjawab kami untuk mensukseskan UNBK di Sulsel,” tandasnya. (*)