Begini Progres Pembangunan Stadion Barombong

Minggu, 08 April 2018 | 15:59 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com — Setelah lama dinantikan hadirnya stadion berstandar internasional di Sulawesi Selatan, akhirnya Stadion Barombong disoft launching pemanfaatanya oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL), Sabtu, (7/4).

Stadion ini juga dapat memenuhin kebutuhan masyarakat akan stadion atau lapangan sepakbola yang representatif selain Stadion Mattoanging (Andi Mattalatta).

“Setelah melalui proses panjang pembangunan Stadion Internasional Barombong selama periode kepemimpinan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, hari ini dapat kami perlihatkan kepada masyarakat bukti komitmen tersebut,” sebut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel Sri Endang.

SYL menyebutkan upaya ini bukan hanya bentuk kebutuhan tetapi upaya menghadirkan harapan masyakat agar hadir lapangan sepakbola bertaraf internasional.

Walaupun belum final pembangunannya, namun tetap berjalan dengan komitmen menyelesaikan hingga tuntas.

“Paling tidak sudah bisa kita pakai stadionnya, kita berharap tahun 2018 hingga 2019 sudah selesai untuk kita jadikan stadion olahraga internasional,” sebutnya.

Adapun progres capaian Pembangunan Stadion Olahraga Barombong, tahap pertama, tahun 2011 pembangunan lapangan sepak bola, penanaman rumput, drainase, lintasan lari, pagar keliling dan pembatas tribun.

Tahap kedua, tahun 2012 penimbunan sisi lintasan lari dan sisi luar pagar, penanaman rumput sisi luar, drainase pembuangan luar, pondasi tiang pancang tahap l. Tahap ketiga, tahun 2013 pengadaan aksesoris lapangan, pembangunan struktur tribun sisi kanan, gerbang masuk lapangan.

Tahap keempat di tahun 2014, pembangunan tribun tertutup sebelah timur. Tahap lima, tahun 2015 untuk struktur beton tribun timur, pekerjaan lanjutan tiang pancang.

Sedangkan untuk tahap keenam pada tahun 2016, pekerjaan konstruksi tribun stadion bagian utara

Dan tahap ketujuh tahun 2017 pekerjaan perencanaan, master plan, dan DED stadion Barombong, pelaksanaan dan persentase dari tahun 2011-2017 sebesar 61.2% dari perhitungan DED 2013.

Untuk tahun 2018, pekerjaan atap dan 60 segmen sehingga secara keseluruhan seluruh segmen telah tutup sebanyak dengan rincian 98 segmen, untuk tribun timur sebanyak 24 segmen, tribun utara 20 segmen, tribun barat 24 segmen dan tribun selatan 20 segmen.

Untuk lanjutkan pembangunan berupa atap stadion dan renovasi rumput stadion, tahun ini mendapat anggaran Rp9 miliar dari APBN.(*)