DPRD Gowa Terima Kunjungan Pansus Kabupaten Bengkayang

Selasa, 10 April 2018 | 12:55 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Sebanyak 22 orang Angota Pansus DPRD Kabupaten Bengkayang, berkunjung ke DPRD Kabupaten Gowa, Selasa (10//2018).

Rombongan DPRD yang dipimpin oleh Ketua Pansus, Edidorus dari Fraksi PDIP Perjuangan ini kemudian menyampaikan maksud dari kunjungan kerjanya. Yakni terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun Anggaran 2017.

Menurut Edi, salah satu alasan memilih Kabupaten Gowa sebagai lokus kunjungan kerjanya, karena menganggap Gowa telah maju dari segi pemerintahannya.

“Karena kami menganggap Gowa yang pemerintahannya sudah lebih maju, makanya kami berharap dari kunjungan ini bisa sharing terkait beberapa hal dan kemudian nantinya bisa diterapkan didaerah kami,” ujar Edidorus.

Beberapa hal yang menjadi fokus pembahasan dalam kunjungan ini terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Pemerintah Daerah Gowa.

“Lebih rincinya, kami ingin mengetahui terkait pengelolaan keuangan secara makro dalam penyampaian LKPJ, mengingat, pembahasan LKPJ itu berdasarkan Tatib masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bapenda Gowa, Ismail Majid mengatakan dalam pengelolaan keuangan salah satu yang kita lakukan berdasarkan regulasi yang ada, pemerintah kabupaten/kota harus merumuskan kebijakan terkait dengan pengelolaan keuangan itu sendiri.

“Untuk mendapatkan Opini WTP, ada dua yang penting, yakni kebijakan dalam pengelolaan keuangan terkait dengan kapitalisasi. Kedua, terkait dengan penyusutan. Dua poin ini yang sangat bersentuhan dengan BPK. Jangan sampai nanti kita membelanjakan sesuatu yang kemudian tidak kita kapitalkan,” jelas Ismail.

Didalam membuat rumusan Kapitalisasi, tentu adanya pembatasan ruang sampai seberapa besar kita belanjakan kemudian kapitalkan menjadi aset.

“Karena apa saja yang kita belanjakan berupa barang, itu aset dengan itu kita harus membuat regulasi dalam bentuk perumusan kebijakan keuangan dalam hal Kapitalisasi,” tambahnya.

Rombongan DPRD Kabupaten Bengkayang ini diterima langsung oleh Wakil Ketua III DPRD Gowa dari fraksi PAN, Abdul Haris Tappa, di ruang Aspirasi, Kantor DPRD Gowa. (*)

Tags:

BACA JUGA