Bulan Bakti KKP, BKIPM Makassar Pilih Selayar

Rabu, 11 April 2018 | 20:10 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Indra Ahmad - Go Cakrawala

Makassar, GoSuls.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Makassar memilih Kabupaten Kepualauan Selayar sebagai lokasi dilaksanakannya bulan bakti.

Kepala Balai Besar KIPM Makassar, Sitti Chadidjah menyatakan Kabupaten Kepulauan Selayar dipilih sebagai lokasi pengawasan terpadu karena memiliki pulau-pulau kecil dengan kawasan terumbu karang yang luas seperti Taman Nasional Laut Takabonerate.

Menurutnya, potensi perikanan karang di Selayar memicu terjadinya penangkapan ikan yang merusak dan tidak ramah lingkungan seperti bom ikan dan sianida.

“Kabupaten Kepulauan Selayar memiliki potensi besar dalam pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan, khususnya perikanan karang. Untuk itu kegiatan pengawasan bersama ini merupakan kegiatan koordinasi dengan instansi terkait lainnya untuk secara bersama-sama mencegah tindakan Illegal, Unreported and Unregulated (IUU) fishing,”terang Sitti beberapa hari lalu.

Pada kegiatan tersebut, BKIPM Makassar bersama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Selayar, Pos Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Wilayah Kerja Selayar dan UPTD Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan melakukan pengecekan ke karamba ikan hidup dan melakukan wawancara dengan pelaku usaha perikanan.

“Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menegaskan komitmennya dalam memerangi segala bentuk kejahatan perikanan yang tidak legal, tidak terlapor dan tidak teregulasi,”jelas Sitti.

Pemerintah juga telah membentuk Satgas Ilegal Fishing melalui Peraturan Presiden Nomor 115 Tahun 2015 tentang Satuan Tugas (Satgas 115) Pemberantasan Penangkapan Ikan Secara Ilegal (Illegal Fishing) sehingga Pemerintah Indonesia tidak akan berhenti untuk menegakkan kedaulatan di laut Indonesia.

Pemilihan kabupaten Selayar sebagai tempat dilaksanakannya bulan bakti disambut baik oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Selayar Makkawaru.

“Kami membutuhkan keterlibatan rekan-rekan BKIPM Makassar untuk bersama melakukan pengawasan ikan-ikan yang dilalulintaskan antar propinsi dari Kabupaten Selayar,”jelas Makkawaru. (*)