Dukungan Syahrul YL ke IYL-Cakka Dinilai Karena Mampu Melanjutkan

Jumat, 13 April 2018 | 14:59 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar,GoSulsel.com – Meski belum disampaikan secara terang menderang, namun dukungan eks Gubernur Sulsel dua periode, Syahrul Yasin Limpo (SYL) dipastikan akan akan mendukung pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) di Pilgub Sulsel tahun ini.

Hal ini beberapa kali tercermin secara tersirat dari eks Ketua DPD I Golkar Sulsel itu. Termasuk saat IYL-Cakka hendak mendaftar di KPu Sulsel, SYL melepas IYL-Cakka di kediaman orang tuanya di jalan Haji Bau.

Menanggapi hal itu, pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Muhammad Ridha menilai, Syahrul mendukung Punggawa Macakka sudah pasti.

Selain karena mereka bersaudara, Ridha mengatakan, Syahrul tentu punya pertimbangan matang siapa kandidat yang dinilai mampu melanjutkan kepemimpinannya ke depan.

“Apalagi sekarang secara resmi beliau sudah melepas jabatannya sebagai gubernur karena masa jabatan sudah berakhir,” kata Ridha.

“Dua-duanya (SYL dan IYL) sama-sama mampu memimpin. Pak Syahrul saya kira punya pertimbangan matang. Mungkin salahsatunya adalah karena pak IYL lah yang bisa melanjutkan pemerintahan dan programprogramnya,” lanjut Ridha.

Dia menjelaskan, dukungan Syahrul YL ke Ichsan YL adalah hal yang wajar. Menueut dia, itu pasti. “Yang menarik dinanti adalah kemampuan pak Syahrul mempengaruhi daya elektabilitas pak Ichsan dalam Pilgub yang akan segera dilaksanakan dua bulan lagi,” ucapnya.

Apakah ada pengaruh signifikan atau tidak? Dia menjelaskan, Syahrul YL pasti akan memberikan konstribusi besar ke pasangan IYL-Cakka. Apalagi kedekatannya dengan basis massa selama dua tahun memimpin Sulsel.

“Tapi menurut pengamatan saya, pendekatan pak Syahrul ke basis masyarakat secara langsung akan mengangkat elektabilitas dan trend elektabilitas yang positif bagi punggawa,” tuturnya.

“Pak Syahrul, bagaimanapun juga, adalah gubernur dua periode dengan basis-basis yang masih menyebar di kalangan masyarakat. Menggerakkan itu saya kira akan positif bagi punggawa,” tandasnya.(*)


BACA JUGA