Dibangun 2019, Bupati Tak Berikan Ganti Rugi Pembangunan Bendungan Je’nelata

Sabtu, 14 April 2018 | 10:07 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa,Gosulsel.com – Bendungan Jenelata di Kecamatan Manuju, Kabupaten Gowa akan mulai dibangun tahun ini. Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan pun berharap warga bisa mendukung pembangunan tersebut.

Hal ini diungkapkan Bupati Adnan saat kunjungan kerjanya di Kecamatan Manuju bersama dengan Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni dan rombongan pimpinan SKPD se-Kabupaten Gowa. 

Bupati Adnan bahkan berjanji tidak akan memberikan ganti rugi untuk pembebasan lahan pembangunan Bendungan Jenelata yang digadang-gadang menelan anggaran APBN sebesar Rp 1,6 triliun. 

“Bukan ganti rugi yang akan kami upayakan, tapi kami upayakan itu ganti untung,” demikian Adnan Purichta Ichsan disambut riuh oleh warga. Jumat (13/4/2018)

Iapun menjelaskan, berdasarkan aturan yang ada, beberapa klasifikasi tanah itu sudah ditetapkan harganya sesuai dengan hasil peninjauan tim apresial yang dipilih secara independen. 

“Insya Allah pemerintah pusat akan menyetujui bendungan ini jika masyarakat ingin, dan harus sesuai harga yang sudah diatur, tidak boleh minta harga tinggi karena itu sudah diatur,” papar Adnan.

Iapun sangat berharap agar pembebasan lahan untuk pembangunan bendungan Jenelata menjadi percontohan nasional atau percontohan di Indonesia dengan tidak adanya yang tersentuh atau pun berpsoses hukum.

“Kalau masyarakat setuju dijalankan sesuai prosedur dan aturan yang berlaku, pasti kita akan jadi percontohan di Indonesia, Insya allah berjalan lancar,” tambahnya.(*)


BACA JUGA