Tingkatkan Skill Masyarakat, Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar Beri Latihan Menjahit

Senin, 16 April 2018 | 17:49 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

MAKASSAR, Gosulsel.com – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Makassar menggelar kegiatan Pelatihan Usaha Jahit Menjahit, di Hotel Dinasty Makassar, Senin (16/04/2018).

Sebanyak 110 orang peserta yang mengikuti pelatihan tersebut. Warga yang ikut serta merupakan warga dari empat kecamatan yang ada di Kota Makassar yaitu Kecamatan Ujung Pandang, Ujung Tanah, Makassar, dan Rappocini.

“Pesertanya dari kecamatan-kecamatan hasil daripada usulan musrembang tahun 2017 yang meminta untuk diadakan kegiatan pelatihan jahit menjahit dari kecamatan yang bersangkutan,” ujar Suryanti Qalsum selaku Kepala Bidang Pendidikan dan Penyuluhan Dinas Koperasi dan UKM kota Makassar, Senin (16/04/2018).

Dijelaskannya, materi yang akan diberikan dalam pelatihan tersebut yaitu dasar-dasar menjahit, membuat pola, dan menyulam. Materi tersebut diberikan oleh seorang pelatih yang juga merupakan anggota UKM yang pernah dilatih.

“Pelatihnya juga betul-betul diambil dari UKM juga jadi sekalian dia testimoni,” jelasnya.

Lanjutnya, setelah memberikan pelatihan tersebut, pihaknya tetap mengadakan monitoring terhadap peserta yang telah dilatih tersebut. Pelatihan ini dikatakannya untuk menambah pengetahuan dan keahlian masyarakat agar mereka bisa membuka usaha dengan mandiri.

“Tindak lanjutnya tetap kita monitoring dan melibatkan bidang lain juga. Ini hanya sedikit menambah pengetahuan masyarakat yang bisa jadi juga mereka yang diutus oleh kecamatan ini adalah mereka sudah punya dasar menjahit atau yang sudah berkecimpung di dunia jahit menjahit,” paparnya.

Menurut pandangannya, peluang usaha jahit menjahit di kota Makassar sangat besar. Setidaknya, para peserta ini nantinya dapat menggunakan keahliannya untuk dirinya dan keluarga.(*)