Ketua BC akan Hadiai Syal Merah Bawaslu dan Panwaslu Palopo

Selasa, 17 April 2018 | 13:23 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Palopo, GoSulsel.com — Ketua Umum Brigade Celebes (BC), Harmansyah akan memberikan hadiah syal merah kepada Bawaslu Sulsel dan Panwaslu Palopo.
Harmansyah mengatakan, syal merah tersebut adalah bentuk apresiasi atas ketegasan dan profesionalisme Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi dkk.

Keberanian yang dimaksud adalah proses kasus yang menyeret nama Calon Wali Kota Palopo, Judas Amir. Sejauh ini, pasca pemeriksaan, sejumlah pernyataan baru muncul menguatkan bahwa pelanggaran yang dilakukan oleh Judas kain terbukti melanggar aturan.

pt-vale-indonesia

Mutasi yang dilakukan oleh Judas Amir selaku incumben dalam lingkup Pemerintahan Kota Palopo menurutnya melanggar Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2017 Pasal 89 Ayat 1, yang melarang Kepala Daerah yang berstatus Bakal Calon melakukan mutasi enam bulan sebelum penetapan sebagai Calon Walikota.

Hal ini dikuatkan dengan hasil pengecekan di Kememdagri yang mebuktikan bahwa Judas Amir tidak memiliki Izin melakukan mutasi dari Kemendagri. Selain itu, pernyataan tegas juga disampaikan oleh Ketua Bawaslu Sul Sel La Ode Arumahi bahwa jika terbukti akan ada sanksi administrasi yaitu diskualifikasi sesuai UU Pilkada Nomor 10.

“Saat ini Panwaslu Palopo harus bekerja secara tegas dan profesional. Sebab bukti dan aturan pelanggaran sangat jelas. Keberanian dan profesionalisme tentu akan dibutuhkan, sebab jika keduanya hilang maka integritas dan independensi Panwaslu Palopo dipertanyakan,” kata Harmansyah, Selasa (17/4/2018).

Diapun meminta, agar kiranya Panwaslu menindak dengan cepat dan secara profesionalise atas nama keadilan.

“Saya siap menghadiahkan syal merah kepada teman-teman Panwaslu Palopo sebagai tanda keberanian,” Tutur Harmansyah.(*)


BACA JUGA