Jelang Akatara 2018, Bekraf Adakan Roadshow Pertama di Makassar

Kamis, 19 April 2018 | 10:55 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengadakan kegiatan dengan tema Road to Akatara Indonesian Film Financing Forum 2018 di Hotel Swissbel Makassar, hari ini, Kamis (19/04/2018).

Kegiatan ini dihadiri oleh para sineas muda Makassar. Pada roadshow ini, Bekraf memberikan materi untuk menajamkan proposal dan presentasi film bagi para investor, pentingnya perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) pada proyek film, serta geliat menjadi pebisnis film di Indonesia.

Makassar menjadi kota pertama penyelenggaraan Roadshow Akatara.
Kegiatan ini akan berlangsung di empat kota yaitu Makassar (19/4), Malang (2/5), Jakarta (5-6/6), dan Bandung (3/7).

Direktur Akses Non Perbankan Deputi Akses Permodalan, Syaifullah, memperkenalkan Akatara Indonesian Film Financing Forum 2018.

“Bekraf meluncurkan Akatara, forum yang pertemukan antara pembuat film dan calon investor,” ujarnya.

Dikatakannya, Akatara merupakan forum pembiayaan film yang mempertemukan proposal proyek film fiksi, animasi, dokumenter, dan film pendek dengan pebisnis film, para investor serta berbagai sumber pendanaan lainnya.

“Tren industri film semakin meningkat. Para investor mulai tertarik. Wadah investor dalam pembiayaan film,” jelasnya.

Bekraf mengundang talenta film makers Indonesia khususnya Makasar untuk mendaftar Akatara yang dibuka 20 Juni dan ditutup 20 Juli mendatang. Nantinya Bekraf dan Badan Perfilman Indonesia (BPI) akan memilih 40 proposal proyek film untuk mendapat fasilitas mengikuti Akatara 2018, termasuk proyek film yang berhubungan dengan program promosi lokasi destinasi wisata Indonesia.

“Kategori proposal proyek film yang dicari pada Akatara yaitu fiksi, dokumenter, dan animasi. Bekraf dan BPI memilih 20 dari 40 proyek film untuk presentasi langsung dihadapan investor,” tukasnya. (*)