Ini Anggaran Kapal Pelra yang Diserahkan Kemenhub RI ke 24 Kabupaten/Kota di Indonesia

Jumat, 20 April 2018 | 10:21 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyerahkan 24 Kepal Pelayaran Rakyat (Pelra) di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. Penyerahan ini diberikan langsung ke 24Kabupaten/Kota di Indonesia, Kamis (19/4/2018).

Penyerahan kapal ini sebagai upaya pelayanan rakyat ke daerah agar akses mudah dijangkau, sebagaimana nawacita untuk membangun daerah dipingiran dengan konektifitas.

Selain itu, Kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) diharapkan membuat kegiatan ekonomi meningkat, menjadikan pengangkut logistik, hingga menjadi kapal wisata, dan dapat berjalan dengan baik.

“Kami beri tangung jawab, tolong pelaksanaan sehari diatur dengan cara sesuai ketentuan dan silahkan kalau mau kapal wisata, ekonomi hingga logistik,  tapi fikir dan tolong dianggarkan juga, kami percaya agar ini bisa berjalan dengan baik,” ujar Budi Karya.

“Serah terima hibah kepada Pemerintah Daerah, ini upaya karena bapak Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo dan Jusuf Kalla ingin sekali pelayanan rakyat bisa diakses ke daerah terpencil. Kita tau nawacita kita harus membangun dari daerah pingiran dan konekrifitas,” lanjutnya  di depan Bupati dan Walikota.

Deketahui dari 24 unit Kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) yang diserahkan oleh Menhub ke 24 Kabaupaten/Kota, memiliki anggaran senilai Rp 58,8 miliar tahun anggaran 2017 dengan 2,3 milyar per kapal.

Budi juga menambahkan di tahun 2018 ini akan kembali melakukan produksi kapal sebanyak 100 unit kapal.

“Tahun 2017 kita membangun 24 dan Tahun 2018 kita bangun 100 lagi, kita akan membagikan lagi. harapannnya 124 itu bisa menjadikan satu benih-benih yang baik untuk mengembangkan yang baik untuk pelayanan rakyat yang kita harapkan, anggarannya tahun depan itu 250 milyar,” tambahnya

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Dwi budi sutrisno, juga menambahkan bahwa target penyelesaian kapal tersebut akhir tahun 2018 ini dan akan diserahkan kepada setiap daerah yang membutuhkan pada Desember mendatang.(*)