LKBH UNSA Makassar Kerjasama KPUD Gowa Sosialisasi Pemilih Perempuan

Sabtu, 21 April 2018 | 12:58 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Irwan AR - Go Cakrawala

Makassar,Gosulsel.com – Bertepatan dengan hari kartini, Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum (LKBH) Universitas Sawerigading bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa menggelar sosialisasi pemilih cerdas perempuan, di Cafe Pangerang, Sungguminasa, Sabtu (21/4/2018).

Direktur Masagena Center, Samsang menganggap, perempuan punya potensi peluang menentukan kebijakan karena pemilih perempuan besar. 

“Belum lagi bahwa hak tersebut secara konstitusi dijamin secara hukum,”kata Samsang, yang punya pengalaman banyak meriset kondisi pemilih di Sulsel.

Sayangnya kesimpulan dari pengamatannya bahwa perempuan belum cerdas sebagai pemilih. Hal ini menjadi tantangan besar bagi penyelenggara pemilu. 

Untuk itu Ketua KPUD Gowa, Arif Budiman, pihaknya relawan khusus untuk menyasar pemilih perempuan. 

“Sosialisasi untuk perempuan adalah untuk memberikan pendidikan politik akan hak dan kejaibannya. Termasuk fungsi sosial media bagi perempuan mesti berhati hati pada hoax baik mengonsumsi maupun menjadi pelaku,” ujar Arif.

Arif juga kembali mengingatkan kepada peserta untuk memastikan terdaftar sebagai pemilih, mencoblos dan menggunakan hak suara secara benar dan juga mengawal hasil pemungutan suara.

Ketua LKBH Unsa Makassar, Maemanah, perempuan mesti cerdas dan memahami soal demokrasi dan negara. 

“Karena perempuan memilih tanpa kecerdasa bisa membuat suara perempuan bisa dimanfaatkan oleh orang orang yang punya kepentingan baik kepentingan kekuasaan atau kepentingan uang” ujar kandidat doktor hukum tata nenagara Unhas ini. 

Inilah sehingga pihaknya memilih tema sosialisasi pemilih perempuan cerdas agar perempuan memilih bukan sekedar ikut ikutan. (*) 


BACA JUGA