Bupati Resmikan Gedung Rawat Inap Puskesmas Samata

Senin, 23 April 2018 | 15:37 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Ketua Tim Penggerak PKK, Priska Paramita Adnan, Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni dan seluruh pimpinan SKPD lingkup pemerintah Kabupaten Gowa, melakukan kunjungan ke Puskesmas Samata. Senin (23/4/20ag18).

Kunjungan ini sekaligus meresmikan gedung rawat inap dengan kapasitas Dua lantai. Selain itu, terdapat 7 kamar perawatan, dengan kapasitas masing-masing kamar Dua tempat tidur.

Kepala Puskesmas Samata dr Arni Sultan mengatakan, pembangunan gedung perawatan tersebut dilakukan sejak bulan Juni 2017 lalu dengan anggaran APBD sebesar 1 Milyar.

“Gedung ini kita bangun pertengahan tahun 2017 kemarin, yakni pada bulan Juni, dengan anggaran APBD 1 Milyar,” jelas Arni.

Gedung perawatan lantai dua ini terdiri dari ruang perawatan dewasa dilantai bawah, sedang lantai atas untuk perawatan anak.

Arni juga mengungkapkan, setiap harinya, pasien yqng berkunjung ke Puskesmas Samata baik itu raeat jalan maupun rawat inap sekitar 200 orang.

“Kalau paling banyak pasien itu hari Senin, biasa mencapai 300 pasien,” ujarnya.

Disamping itu, untuk menunjang kinerja Puskesmas Samata, terdapat 35 tenaga perawat, Lima Bidan.

“Kami keseluruhan itu 35 tenaga medis, Bidan kami ada Lima, tapi kami dibantu 37 tenaga relawan,” jelasnya.

Salah satu inovasi di Puskesmas Samata yakni Home Visit yang dikhususkan untuk pasien penyakit jiwa.

“Kami memang menyiapkan Poli Jiwa untuk warga yang mengidap penyakit jiwa, dan juga poli jiwa juga bergabung dengan kekerasan terhadap anak, kekerasan terhadap perempuan, KDRT, terdapat juga ruang pojok anak,” tambahnya.

Kadis Kesehatan Gowa, dr Hasanuddin juga menambahkan, terdapak Manajemen Tolak Balita Sakit (MTBS), dimana sebelum diperiksa dokter, para balita dibawa ke MTBS terlebih dulu.

“Seluruh balita itu diperiksa dlu disitu, ditimbang dan sebagainya sebelum dibawa ke dokternya,” ujar Hasanuddin.(*)


BACA JUGA