Sidak Dinas PMD-PTSP, Pj gubenur Sulsel Temukan Ini

Senin, 23 April 2018 | 17:18 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com — Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Dinas Penanaman Modal Daerah dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMD-PTSP), Senin (23/4/2018 ).

Dia ingin melihat secara langsung seperti apa mekanisme pelayanan yang diberikan instansi tersebut dalam memfasilitasi pengurusan perijinan.

Di OPD tersebut, Soni menemukan adanya laporan pengaduan masyarakat terkait perizinan pertambangan yang dinilai lamban.

Berdasarkan laporan yang masuk di Pusat Pengaduan PMD-PTSP, sejak 2017 lalu hingga periode Maret 2018, jumlah pengaduan yang masuk mencapai 49 jenis. Pengaduan tersebut terkait lambannya proses perijinan pertambangan, perikanan, dan rekomendasi kegiatan.

Dikonfirmasi seputar persoalan itu, Soni mengatakan keterlambatan ijin yang keluar diakibatkan instansi terkait harus sangat berhati-hati dan selektif dalam mengeluarkan ijin.

“Sebelum mengeluarkan ijin, butuh kajian teknis dinas terkait. Karena inj berkaitan dengan persoalan lingkungan dan lainnya, ” ungkap Soni.

Diapun menyarankan agar masyarakat melengkapi seluruh berkas persyaratan pengajuan perizinan sebelum diajukan ke PMD-PTSP

Soni juga meminta Kepala Dinas PMD- PTSP untuk memasang alat pengukur tingkat kepuasan konsumen sehingga hasil pelayanan perizinan dapat terukur.(*)


BACA JUGA