Gowa Raih Penghargaan Kategori Kinerja Sangat Baik dari Kemendagri

Kamis, 26 April 2018 | 13:11 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan penghargaan  kepada Pemkab Gowa karena dianggap berkinerja baik. Penghargaan itu diterima langsung Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Penghargaan itu diberikab pada Malam Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dalam Rangka Hari Otonomi Daerah Ke XXII, Dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, di Hotel The Sultan Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Gowa berada urutan 31 dari 397 Kabupaten secara Nasional. Untuk Kabupaten, Gowa menepati peringkat 6 dari 21 Kabupaten di Sulsel.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat memperlihatkan piagam penghargaan tersebut kepada media, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang selalu mendukung kinerjanya. 

“Terima kasih atas ucapan ta’ semua, ini berkat doa dan dukungan ta semua kepada Saya selalu, Salamakki,” ujarnya. Kamis (26/4/2018). 

Diketauhi Pencapaian ini merupakan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) tahun 2017 atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun 2016.

Sementara itu, apresiasi ini kata Bupati Adnan, sebagai pemicu pemerintahannya untuk bekerja lebih baik.

“Masuknya Gowa dalam kabupaten kinerja sangat baik merupakan pencapaian positif. Ini langkah awal penilaia kinerja pemerintahan saya sekaligus pemicu kami untuk terus meningkatkan penyelenggaraan kinerja pemerintah daerah,” jelasnya.

Bupati Adnan bahkan menargetkan agar LKPPD Gowa terus mengalami peningkatan peringkat secara nasional. 

“Gowa berkomitmen terus mengupayakan agar evaluasi kinerja kami setiap tahunnya mengalami peningkatan dan setidaknya bisa kembali masuk dalam lima besar secara nasional dan meraih peringkat tertinggi” harap orang nomor satu di Kabupaten Gowa ini. 

Pada tahun 2017 sebanyak 523 daerah otonom yang dievaluasi kinerjanya oleh Kementerian Dalam Negeri bersama Kementrian/Lembaga terkait, terdiri dari 33 provinsi, 397 kabupaten dan 93 Kota.

Sementara itu, Direktur Jendral Otonomi Kementerian Dalam Negeri, Soni Sumarsono menjelaskan terkait kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah secara nasional.

“Kita memiliki tujuan bersama mewujudkan nawa cita melalui otonomi daerah. Sehingga pelaksanaan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah kita monitoring  dan evaluasi secara teratur. Evaluasi diadakan mulai dari emerintah provinsi, kabupaten dan kota. Untuk mengukur keberhasilan penyelenggaraan pemerintah daerah dalam menerapkan sistem otonomi daerah”kata dia.

Soni Sumarsono menjelaskan, Melalui Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) yang disampaikan tiap tahunnya kami mengevaluasi kinerja pemerintah. Penilaian ini sangat komprehensip yang mencakup 700 indikator dari semua lembaga tinggi negara lintas kemeterian.

“Meliputi Administrasi, pembangunan dan sosial kemasyarakatan dalam waktu 6 bulan kerja keras,” tuturnya. 

Soni Sumarsono juga mengatakan, Kepala daerah yang diundang di malam penganugrahan ini tidak semua kepala daerah secara nasional. Pihakbya hanya mengundang kepala daerah yang memiliki kinerja sangat baik.

“Kami  hanya mengudang Kepala Daerah yang memiliki kinerja sangat baik untuk mengapresiasi kinerjanya pemerintah daerah selama ini,” kata Soni yang saat ini menjabat sebagai Pjs Gubernur Sulawesi Selatan.(*)

pt-vale-indonesia


BACA JUGA