Era Digital, Ekonomi Kreatif Daerah Harus Dikembangkan

Sabtu, 28 April 2018 | 10:22 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Bandung, Gosulsel.com – Berbagai tantangan ekonomi dihadapi Indonesia. Tren digitalisasi ekonomi pun sedang terjadi di dunia. 

Perkembangan teknologi informasi telah mengubah perilaku konsumen dan juga cara berbisnis. Namun, digitalisasi ekonomi perlu dicermati sebagai kesempatan dibandingkan ancaman/risiko. 

Hal tersebut disampaikan oleh Lana Soelistianingsih, seorang dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia yang juga merupakan Kepala Ekonom PT Samuel Aset Manajemen, saat pemaparan materi di Media Gathering BI, di Hotel Papandayan, Bandung, Sabtu malam (28/04/2018).

“Digitalisasi itu bisa kita pandang sebagai faktor yang positif juga. Bisa menjadi opportunity, asal itu bisa membaik,” ujarnya. 

Digitalisasi ekonomi dalam masyarakat bahkan telah sampai hingga pelosok daerah di Indonesia khususnya Sulawesi Selatan. Peran daerah sangat penting karena dengan kebijakan yang ditetapkan pemerintah daerah, baik produk maupun produsen bisa dimaksimalkan dalam hal ini.

“Balai Latihan Kerja (BLK) nya harus bisa membangun wiraswasta dari tenaga kerja supaya mereka bisa mandiri. BLK ini yang harus diaktifkan pemerintah daerah,” tutupnya.(*)


BACA JUGA