Peserta Widyawisata Poltekpar Makassar mengunjungi Toraja dan Toraja utara/IST

Poltekpar Makassar Boyong 532 Mahasiswa Widyawisata Gratis ke Toraja

Minggu, 29 April 2018 | 20:42 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

TORAJA, Gosulsel.com — Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Negeri Makassar menggelar kegiatan widyawisata, yang dimulai Kamis 26 April hingga Sabtu 28 April 2018. Kegiatan itu dilaksanakan di dua kabupaten, yakni Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara.

Widya wisata merupakan kegiatan dengan konsep belajar sambil berwisata yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Adapun peserta widya wisata ini, adalah seluruh mahasiswa semester dua.

Kepala Sub Bagian Adminstrasi Kemahasiswaan Syafruddin, S.H., M.M. mengatakan, kegiatan widyawisata tahun 2018 diikuti oleh 532 orang mahasiswa. Dimana jumlah peserta tersebut merupakan yang terbanyak sejak kegiatan tersebut diselenggarakan.

“Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini tidak dikenakan biaya apapun alias gratis mulai dari transportasi, konsumsi, dan akomodasi semunya ditanggung dimana dananya bersumber dari Anggaran DIPA Poltekpar Makassar,” tambahnya.

Kabupaten Tana Toraja dan Toraja utara dipilih sebagai tempat pelaksanaan widyawisata dikarenakan kedua kabupaten tersebut merupakan destinasi unggulan Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam kegiatan tersebut peserta widya wisata 2018 berkesempatan mengunjungi beberapa lokasi wisata yang ada di sana, diantaranya Lemo, Kete Kesu, dan Londa.

Walaupun Toraja merupakan destinasi terkenal dan unggulan di Sulawesi Selatan, namun dominan peserta widyawisata kebanyakan belum pernah berkunjung kesana. Para peserta tersebut sangat antusias memperhatikan seluruh penjelasan yang disampaikan oleh para tour guide yang juga merupakan mahasiswa dari Program Studi D3 Perjalanan Wisata, D4 Usaha Perjalanan Wisata, D4 Destinasi Pariwisata, dan D4 Pengelolaan Konvensi dan Acara.

Seusai kunjungan ke beberapa daya tarik wisata, kegiatan widyawisata 2018 kemudian dilanjutkan dengan aktifitas Games yang diikuti oleh seluruh Tim Program Studi. Aktifitas games yang dilaksanakan di area kolam renang Hotel Heritage Toraja ini bertujuan untuk mengingkatkan kekompakan dan sportifitas mahasiswa.

Selain mengunjungi daya tarik wisata, juga turut digelar malam persembahan yang merupakan puncak acara kegiatan tersebut. Masing-masing mahasiswa perwakilan dari setiap program studi menampilkan sebuah persembahan berupa Accoustic Performance, Lipsync Performance, Drama Musikal, Boy Band dan Girl Band, Tari Tradisional, dan Tari Moderen.

Pada perjalanan pulang dari Toraja menuju makassar seluruh mahasiswa di masing-masing bus memberikan kesan dan pesan mereka selama mengikuti kegiatan Widyawisata 2018. Mereka sangat senang bisa mengikuti kegiatan tersebut, mereka juga berharap jumlah hari pelaksanaan kegiatan dapat ditambah.(*)


BACA JUGA