Bawang Merah dan Cabe Merah Alami Inflasi di Sulsel

Rabu, 02 Mei 2018 | 20:57 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Inflasi di Sulawesi Selatan dipicu oleh inflasi yang dialami 10 jenis komoditi. Bawang merah, cabe merah, dan cabe rawit merupakan komoditi tertinggi pemicu inflasi di Sulawesi Selatan pada bulan April 2018.

“Inflasi dipicu oleh 10 jenis komoditi terutama kelompok bumbu-bumbuan, bawang merah yang tertinggi, cabe merah, cabe rawit, sayur bayam, bawang putih, rokok, filter, rokok kretek, kentang, bensin dan ikan bandeng,” ujar Kepala BPS Provinsi Sulsel, Nursam Salam, Rabu (02/05/2018).

Menurutnya, inflasi yang terjadi pada beberapa komoditi tersebut khususnya bawang merah dikarenakan kondisi cuaca yang mempengaruhi persediaan. Selain itu, juga dikarenakan jelang bulan Ramadhan.

“Terkait dengan persediaan yang ada. Terkait kondisi cuaca. Apalagi cabe, bawang sangat tergantung dengan kondisi cuaca. Mudah-mudahan ini menjadi informasi terkini ada pergerakan bawang merah. Bisa jadi stoknya kurang, apalagi menjelang bulan Ramadhan,” paparnya.



Sementara itu, komoditi yang menekan laju inflasi yaitu beras, kangkung, angkutan udara, tomat buah, ikan teri, ikan layang, daging ayam ras, dan romat sayur.

“Sementara di sisi lain yang deflasi paling besar turunnya yaitu komoditi beras,” tukasnya. (*)


BACA JUGA