Bunda Baca Gowa Launching Gerakan Nasional Baca Buku

Rabu, 02 Mei 2018 | 14:34 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Bunda Baca Gowa, Priska Paramita Adnan melaunching Gerakan Nasional (Gernas) Baca Buku (Baku),di Lapangan Kantor Bupati Gowa, Rabu (2/5/2018). Ini merupakan sebagai rangkaian Hardiknas.

Gerakan ini merupakan gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah persatuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan di masyarakat. 

“Tujuan dari gerakan nasional  orangtua membacakan buku kepada anak yakni, membiasakan orangtua membaca buku bersama anak, mempererat hubungan emosional antara anak dengan orangtua, menumbuhkan minat baca anak sejak dini, dan meningkatkan daya pikir dan wawasan anak-anak kita,”kata Priska didampingi Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Melalui orangtua membacakan buku, tentunya mempersiapkan anak-anak kita di Kabupaten Gowa untuk memiliki kemampuan yang dibutuhkan di abad 21. 

Ada Empat kemampuan yang harus dimiliki oleh anak-anak kita untuk menghadapi tantangan di abad 21, yaitu mampu berpikir kritis, mampu berpikir kreatif, komunikatif, dan yang ke empat mampu berkolaborasi. 

“Sehingga hari ini saya sebagai Bunda Paud Kabupaten Gowa dan atas nama seluruh masyarakat Kabupaten Gowa meluncurkan gerakan orangtua membacakan buku atau Gernas Baku Kabupaten Gowa,” jelasnya. 

Sementara itu, Duta Gernas Orangtua Membacakan Buku tingkat Sulawesi Selatan, Fatmawati Yusuf mengatakan, di kabupaten Gowa, ada lima organisasi mitra yang mendukung Gernas Orangtua membacakan buku kepada anak usia dini. 

“InshaAllah tanggal 5 Mei 2018 ditingkat nasional Provinsi Sulsel ditunggu untuk menjadi tuan rumah dalam rangka pelaksanaan germas Baku dan wawancara telekonfrensi dengan Menteri Pendidikan,” jelas Fatmawati. 

Lanjutnya, pelaksanaan Gernas Baku ini dimulai sejak Februari 2018, sehingga tanggal 5 Mei 2018 ini merupakan pencanangan seluruh Indonesia. Dimana semua lembaga PAUD bersama dengan orangtua murid mencanangkan tentang penting bagi anak untuk dibacakan buku, agar wawasan dan pemahaman terhadap dunia terbuka dengan cara membacakan buku. 

Fatmawati juga menjelaskan bentuk sosialisasi Gernas Baku di Kabupaten Gowa yakni dengan cara dirinya terjun langsung untuk  mengkoordinir gerakan tersebut.