Pertama Kali Lagu Mars Sulsel Resmi Dinyanyikan di Hardiknas 2018

Rabu, 02 Mei 2018 | 18:21 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com — Untuk pertama kalinya lagu Mars Sulawesi Selatan resmi diperdengarkan kepada masyarakat pada peringatan Hari Pendidikan Nasiona (Hardiknas) 2018 lingkup Sulsel di Lapangan Upacara Gubernuran Jalan Sungai Tangka, Rabu (5/2).

Lagu ini merupakan karya ciptaan dari Arifin Manggau sebagai pemenang utama dari Lomba Cipta Mars Sulawesi Selatan.

Adapun lahirnya lagu ini karena selama enam dekade berjalannya pemerintahan, kenyataannya Provinsi Sulawesi Selatan belum memiliki lagu mars Provinsi.

“Berangkat dari realitas ini oleh Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono menggagas kegiatan untuk membuat Mars Sulawesi Selatan,” sebut Pemandu Acara.

Sebagai Penggagas Mars Sulsel berharap, tetap mengedepankan asas keterbukaan, dan menginginkan proses penciptaan Mars Sulawesi Selatan bisa melibatkan masyarakat Sulawesi Selatan pada umumnya lewat kegiatan Sayembara Mars Sulawesi Selatan.

Dimana tetap mengacu pada visi-misi pemerintah Sulawesi selatan dan falsafah hidup masyarakat Sulawesi Selatan dengan Harapan bahwa Mars Sulawesi Selatan benar-benar menjadi milik masyarakat Sulawesi Selatan nantinya.

Dan lewat Mars Sulawesi Selatan inilah menjadi media sosialisasi visi-misi Pemerintah Sulawesi Selatan untuk memajukan daerah kepada masyarakat.

Sehingga kemajuan Provinsi Sulawesi Selatan bukan hanya menjadi kewajiban pemerintah, namun juga menjadi tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat Sulawesi Selatan.

Soni Sumarsono pada acara Hardinas tersebut menandatangani SK Peraturan Gubernur (Pergub) Tentang Mars Sulawesi Selatan. Kemudian memberikan ucapan selamat.

“Selamat Pak,” kata Sumarsono sambil tersenyum kepada Arifin saat memberikan penghargaan.

Arifin, sebagai pencipta lagu merasa bangga dan masih menantikan bimbingan dari tim juri dan pihak terkait jika dibutuhkan penyempurnaan.

“Ini sejarah indah buat saya, ini luar biasa, karena lagu mars ini bisa dirasakan oleh anak-cucu saya,” ungkapnya. (*)