Pondok Pesantren Hj Haniah Wisuda 45 Santri

Rabu, 02 Mei 2018 | 00:11 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Citizen Reporter

Maros, Gosulsel,com – Pondok Pesantren Hj Haniah menggelar khataman santri dan santriwati program khusus Ilmu Shoraf angkatan ke VI tahun 2018 yang dirangkaikan dengan Isra Mi’raj yang diisi ceramah oleh DR Mahrus Amin, Selasa (1/5).

Santri yang dikhatamankan yaitu berjumlah 45 orang. Peserta khataman  putri sebanyak 31 orang  dan putra 14 orang putra.

pt-vale-indonesia

Wakil Kepala Dinas Pendidikan Maros turut hadir menyaksikan salah satu hari bersejarah bagi santri tersebut. Didampingi oleh pihak Yayasan Hj.Haniah, ustaz Dr. Mahrus Amin, serta  para wali santri turut memeriahkan kegiatan ini.

Dalam kegiatan ini, santri memberikan persembahan hafalan tasrifan atau vocabulary dalam bahasa Inggris.

“Saya cukup bahagia dan bangga melihat santri-santri hari ini dikhotamkan. Sekalipun persiapan waktu yang sangat kurang. Hanya 7 hari mulai dari proses ujian sampai acara khotaman hari ini,” jelas ustaz Haris, koordinator Program Ilmu Shorof dalam siaran medianya.

Begitu hebat keinginan dan perjuangan santri dan pembinanya. Dalam program ilmu shorof ini pembelajarannya mulai dari nol hingga kelulusan hanya memakan waktu 3 bulan.

“Semoga santri yang dikhotamkan hari ini bisa berbahasa Arab dan mampu membaca kitab klasik (kitab kuning) setelah tamat dari pesantren,” harapnya.

“Kitab kuning juga mesti dijaga eksistensinya sebagai sumber ilmu. Di mana  penulisnya merupakam leluhur para Syekh yang tidak diragukan lagi keilmuannya. Jelas sanad, serta penuh keiklasan penulis membuatnya,” pungkas ustaz Haris.

Akhirnya hari ini para santri dengan resmi melulusi program ilmu shorof, dikuatkan dengan sertifikat yang telah bersarang di tanganya.

Sebelum mendapatkan sertifikat para wisudawan dan wisudawati terlebih dahulu mengambil berkat dari Pimpinan Pondok, Pihak Yayasan Ponpes Hj. Haniah, Ustaz Mahrus Amin, beberapa pembina, dan guru-guru di Pondok Pesantren Hj. Haniah.(*)


BACA JUGA