Djaya Djumain, Mantan Jurnalis Kompas TV Bacaleg di Gerindra Gowa

Kamis, 03 Mei 2018 | 09:59 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Rusli - GoCakrawala

Gowa, GoSulsel.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Gowa mulai menjaring caleg untuk diusung di pileg 2019 mendatang.

Proses penjaringan dilakukan dengan membuka pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) di Sekretariat DPC Gerindra Kabupaten Gowa, Jalan HOS Cokroaminoto, Sungguminasa.

Sejumlah kader internal partai berlambang garuda itu dipastikan akan mendaftar. Salah satunya Djaya Djumain, mantan jurnalis Kompas TV ini dijadwalkan mengambil formulir bacaleg, Jumat, (4/5/2018) besok, untuk daerah pemilihan (dapil) tujuh, Pallangga-Barombong.

“Mohon doa dan dukungannya. Insya Allah, Jumat besok saya akan mengambil formulir pendaftaran bacaleg Gerindra untuk dapil Pallangga-Barombong,” tulis Djaya dalam siaran persnya, Kamis (3/5/2018).

Dengan potensi yang dimilikinya, Djaya optimis bisa lolos sebagai caleg di partai besutan Prabowo Subianto itu. Termasuk bersaing dengan caleg lain di dapil tujuh. Pengalaman berpartai serta memiliki banyak jaringan pertemanan, jadi modal bagi mantan Ketua Bappilu DPC Partai Gerindra Gowa itu dalam meracik strategi meraup suara di dapil tujuh.

“”Bismillahirrahmanirrahim, maju sebagai calon anggota legislatif pada Pemilu 2019 mendatang adalah pilihan untuk berbakti lebih luas bagi daerah tercinta Kabupaten Gowa. Ini juga adalah amanah partai yang wajib dilaksanakan,” urai Djaya.

Karir Djaya sendiri di Partai Gerindra berjalan mulus. Menjabat Ketua Bappilu DPC Partai Gerindra pada pileg 2014 lalu, Djaya berperan besar mengantar Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Gowa, Darmawangsah Muin masuk parlemen di DPRD Sulsel.

Di lingkungan dunia jurnalistik khususnya di Kota Makassar, nama Jaya Djumain juga sangat tidak asing. Latar belakang sebagai pewarta mengantarkan pria yang turut membesarkan televisi lokal Makassar TV sebelum diakuisisi oleh Kompas TV ini berinteraksi dengan banyak pihak dari berbagai latar belakang.

“Kekuatan pertemanan dan jaringan yang bertahun-tahun kami bangun selama jadi wartawan, bisa menjadi modal yang cukup untuk memperjuangkan hak-hak rakyat. Tentunya dengan posisi politik yang juga bagus dan pilihannya adalah kursi parlemen,” terang Jaya.

Jaya Djumain sendiri mulai aktif di dunia politik dan advokasi warga melalui sejumlah lembaga kemasyarakatan dan lembaga sosial sejak tahun 2014 lalu. Panggilan nurani untuk berbuat bagi orang lain dan memperjuangkan hal rakyat membuat Jaya meninggalkan posisi empuknya di Kompas TV dan terjun ke dunia politik dengan mendampingi politisi Partai Gerindra Darmawangsyah Muin yang kala itu berjuang untuk duduk di DPRD Provinsi Sulawesi Selatan.

Jaya juga tercatat pernah berkiprah sebagai jurnalis di sejumlah media nasional, seperti Kantor Berita Radio 68H Jakarta dan kameramen RCTI di Biro Makassar dan Papua. Di bidang organisasi, Djaya Jumain termasuk kenyang pengalaman, ayah tiga anak ini sempat menjadi pengurus organisasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar dan Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI ) Sulawesi Selatan dengan jabatan koordinator advokasi.(*)