LPMD UMI beri pelatihan Pengelolaan Masjid dan Majelis Taklim

Kamis, 03 Mei 2018 | 21:17 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar Prof. Masrurah Mokhtar, didampingi Ketua dan Sekretaris Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Dakwah (LPMD) UMI Prof. Salim Basalamah dan Abd Rauf Assagaf membuka Pelatihan Manajemen Pengelolaan Masjid dan Majelis Taklim se Kota Makassar, di ruang rapat lantai 3 Gedung Menara UMI, Kamis (03/05/2018).

Rektor UMI Prof. Masrurah Mokhtar mengatakan, salah satu indikator keberhasilan manajemen pengelolaan masjid adalah ramainya jamaah yang shalat lima waktu, bukan diukur dari besar dan cantiknya masjid, walaupun masjidnya kecil, sederhana, tetapi jamaahnya ramai, ini berarti pengurus berhasil mengelola dan memakmurkan masjid.

Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi pengurus masjid, karena akan diberikan materi bagaimana mengelola keuangan masjid dengan baik, mengatur penceramah dan bagaimana bisa memakmurkan masjid.

“Demikian juga dengan majelis taklim, kehadiran dan aktifitasnya di masjid diharapkan dapat memberi manfaat bagi jamaah masjid, juga dapat memakmurkan masjid,” ungkap Ketua Umum BKS PTS Pusat ini.

Sementara dalam laporannya, Ketua LPMD UMI Prof. Salim Basalamah mengatakan, pelatihan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi pengurus masjid dan majelis taklim, karena mengelola masjid di era globalisasi ini penuh dengan tantangan dan permasalahan yang kompleks, sehingga dibutuhkan manajemen pengelolaan masjid yang baik dan berkualitas.

Sekretaris LPMD, Abd Rauf Assgaf menambahkan bahwa pelatihan yang berlangsung sehari ini, diikuti 50 orang utusan pengurus Masjid dan Majelis Taklim, dengan materi antara lain, Teknik Berpidato dan Khotbah, Manajemen Pengelolaan Masjid dan Majelis Taklim, Teknik Penyelenggaraan Jenazah, Keprotokoleran , Tahsinul Qira’ah dan Zikir sebagai Model Penyadaran Karakter Umat.(*)