STMIK Profesional Latih Dosen Olah Data Penelitian

Kamis, 03 Mei 2018 | 09:43 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Citizen Reporter

 

Makassar, GoSulsel.com – Puluhan dosen dari berbagai perguruan tinggi di Makassar mengikuti pelatihan analisis statistik dan olah data penelitian yang bertempat di STMIK Profesional selama 2 hari sejak Rabu (2/2/2018).

pt-vale-indonesia

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Ketua STMIK Profesional, H Suardi B Haruna , S.Si., MSi dan ketua LP2M STMIK Profesional.

Kegiatan ini dibuat atas desakan para dosen yang ingin melakukan penelitian namun mereka masih terkendala dalam mengolah data penelitiannya.

Menjawab tantangan itu, STMIK Profesional mengundang pemateri dari STIM Lasharan Jaya, Muh Amsal Sahban, Ph.D untuk melaksanakan pelatihan olah data ini.

Dihari pertama, Muh Amsal yang juga sebagai ketua II bidang keuangan STIM Lasharan Jaya ini memberikan strategi bagaimana mensinkronkan tujuan penelitian dengan alat analisa yang akan dipakai. Karena menurut Amsal hal ini sangat penting dalam menentukan alat analisa yang cocok dalam suatu penelitian.

“Dihari pertama, saya berusaha menanamkan filosofi ke benak para dosen bahwa memilih alat analisa yang salah akan membuat hasil penelitian tidak akan akurat, karena itu sangat penting dalam memilih alat analisa yang tepat sebelum mengolah data penelitian. Dari rumusan masalah itulah dapat diketahui tujuan penelitian dan alat analisa apa yang tepat untuk digunakan” Jelas Amsal

Kemudian lanjut Amsal, banyak dari para dosen yang mempunyai ide gagasan yang cukup menarik untuk diteliti namun banyak juga dari mereka yang mundur ketika tidak sanggup mengolah datanya.

“Saya cukup terkesan ketika mendengar banyak dari mereka berbicara suatu fenomena yang menarik untuk diteliti, tetapi sayangnya mereka tidak mampu mengulasnya secara ilmiah karena terbentur dengan pengolahan data.” tutupnya. (*)