Usulan Cuti 12 Hari Ditolak Banyak Pengusaha

Jumat, 04 Mei 2018 | 18:16 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com — Rencana pemerintah memberikan cuti atau libur Idul Fitri selama 12 hari mendapat pro kontra di masyarakat. Bagi pekerja atau pegawai tentu hal ini disambut baik.

Namun berbeda halnya bagi beberapa pengusaha atau pemilik perusahaan. Libur yang cukup panjang ini dianggap bisa mengurangi pendapatan perusahaan.

Hal ini diungkapkan oleh Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono. Menurutnya hingga kini Pemprov Sulsel belum menerima salinan keputusan resmi terkait cuti lebaran tahun 2018.

“Saya belum lihat keputusannya, seperti apa. Katanya ada rencana 12 hari tapi itu banyak pengusaha yang keberatan. Karena ada beberapa industri yang memang yang tidak boleh berhenti,” katanya, Jumat (4/5/2018).

Meski demikian, libur panjang menurut Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri ini bisa meningkatkan pendapatan di sektor pariwisata dan transportasi. Selain itu, kondisi lalu lintas akan sedikit lebih lancar dengan waktu mudik yang panjang.

“Kalau liburnya lamakan masyarakat bisa berwisata atau pulang kampung. Ini tentunya akan meningkatkan pendapatan masyarakat yang bekerja di sektor pariwisata dan transportasi,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Soni menyebutkan persoalan yang tengah diselesaikan pihaknya saat ini adalah masalah pengendalian pangan menjelang Ramadhan. Sebab, ada beberapa kebutuhan pokok yang mulai langkah dan beberapa lagi harganya mulai naik. (*)