#

Duo Toraja Tak Ingin Jauh dari Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar

Sabtu, 05 Mei 2018 | 20:04 Wita - Editor: Baharuddin -

Tana Toraja,GoSulsel.com – Dua kali Pilgub Sulsel, Tana Toraja selalu ikut menjadi penentu kemenangan untuk Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang (Sayang). Dan tahun ini, kabupaten tujuan wisatawan itu ingin mengulangi dengan mencoblos nomor urut 4 Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka).

Gambaran keberpihakan Tana Toraja dan Toraja Utara ke pasangan nasionalis ini, terbukti saat Ichsan Yasin Limpo menyasar dua daerah ini selama dua hari, 3-4 Mei 2018.

Memulai dengan pertemuan pengurus Badan Pekerja Sinone (BPS) Gereja Toraja di Rantepao, lalu menutup dengan silaturahmi pengurus Partai Berkarya dan ratusan mahasiswa di Tana Toraja, Jumat (4/5/2018) sore.

Dari rentetan kunjungan dan kampanye tertutup IYL, sangat jelas jika masyarakat di Toraja tak ingin jauh dari pasangan usungan koalisi rakyat ini. Lintas tokoh, politisi dan komunitas berikrar memberi dukungan.



Keberpihakan duo Toraja juga sangat nampak dengan kehadiran sejumlah politisi yang partainya mengusung kandidat lain. Ada eks pentolan PDIP, eks pengurus Golkar, eks pengurus PDS, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan komunitas rakyat.

Bukan hanya itu, sejumlah pentolan dan elemen pemenangan Sayang Jilid I dan II juga secara terang-terangan memberi dukungan ke IYL-Cakka di Toraja. Seperti Kapal Induk, FKPPI, Oto Komandan, maupun jaringan Sayang lainnya.

Amunisi baru juga berpihak ke pasangan ini. Seperti Demokrat yang di Pilgub 2013 total mendukung Ilham-Aziz, kini menunjukkan soliditas memenangkan IYL-Cakka. Begitu pun sejumlah tokoh berpengaruh yang kini berkiprah di Perindo dan Berkarya, ikut mempertegas komitmennya.

Anggota DPRD Toraja Utara, Hasten Bangri menegaskan, penerimaan pasangan yang dikenal dengan perpaduan komitmen, tegas dan merakyat ini berbeda dari tiga kandidat lainnya. Sehingga, lanjutnya, tidak susah bagi tim untuk menggalang dukungan elektoral kepada pasangan IYL-Cakka.

“Kami akan buktikan nanti, bahwa Toraja Utara bisa memenangkan nomor 4. Saya banyak tempat sering bergurau, bahwa kami selalu optimis, nomor 4 yang akan dilantik nantinya,” kata Hasten pada kegiatan temu kader Demokrat yang dihadiri Ichsan Yasin Limpo.

Senada ikut ditegaskan eks legislator dari PDI Perjuangan, Ishak Bunga Allo. Menurutnya, keluarga Yasin Limpo bukan orang baru bagi masyarakat Toraja. Selama 10 tahun memimpin Sulsel, sudah banyak yang dilakukan kakak kandung IYL, Syahrul Yasin Limpo yang berpihak kepada warga Toraja.

“Setelah pak Syahrul, maka ditangan adiknya, Punggawa Macakka akan melanjutkan kepemimpinan. Tanggal 27 Juni, jangan lupa datang ke TPS untuk memilih nomor 4, Punggawa Macakka,” tandasnya.

Sementara itu, mantan anggota DPRD Sulsel dari Partai Damai Sejahtera (PDS), Paulus T, ikut mempertegas jika Punggawa Macakka bisa mengulangi pencapaian SYL di Toraja.

“Masyarakat Toraja tak mau jauh dari keluarga Yasin Limpo. Hubungan ini sudah terjalin sejak lama, dan itu sulit dipisahkan,” tambahnya.

Selain politisi, tokoh adat juga mengidolakan pasangan yang mengusung tagline “Bersama Membangun Sulsel” ini. Keluarga besar tongkonan Bara’ba misalnya, Pendeta Andi Israel mengikrarkan, rumpun keluarga besar sudah pasti memilih IYL-Cakka.

Dia menjelaskan, pasangan ini  sangat dibutuhkan masyarakat Toraja. Alasannya, Punggawa Macakka adalah pemimpin yang cakap dalam artian berpendidikan, berasal dari keluarga yang baik-baik dan memiliki pengalaman yang telah teruji.

“Maka mari tetapkan hatimu, nomor 4 pilihan yang tepat,” tuturnya.

Sebelumnya, Ichsan Yasin Limpo juga disambut hangat oleh Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) Gereja Toraja di Kantor BPMS Gereja Toraja di Jalan Ahmad Yani.

Ichsan bersama rombongan disambut langsung oleh Ketua BPMS-GT, Pendeta Musa Salusu, MTh dan sejumlah pengurusnya di ruangan rapat lantai dua.

BPMS-GT memang tidak terlibat dalam politik praktis, akan tetapi silaturahmi dengan kandidat bukanlah hal yang dilarang. Pertemuan itu berlangsung hangat, IYL dan pengurus BPMS-GT  berbagi pemikiran untuk kemajuan Toraja kedepannya.

Bagaimana dengan warga? Di kota hingga pelosok, nama pasangan ini sudah familiar. Mereka diyakini bisa menyamai, bahkan melebihi komitmen yang ditunjukkan Syahrul Yasin Limpo terhadap pengembangan Pariwisata di Toraja.

Mantan Dirjen Parpostel Wilayah Sulawesi, Luther Barung (bukan eks Kadis Pariwisata, seperti rilis sebelumnya dari tim media IYL-Cakka), ikut memuji IYL-Cakka akan semakin memakukan Pariwisata di Toraja.

Luther yang merupakan putra asli Toraja, percaya komitmen yang dimiliki Ichsan Yasin Limpo untuk melanjutkan kemajuan dan capaian Syahrul selama ini. Apalagi, baik IYL maupun Cakka punya rekam jejak bagus selama menjabat bupati dua periode.

Tak ingin ketinggalan, para pemilih pemula dan mahasiswa ikut mempertegas sikapnya. Mereka menganggap, IYL Cakka solusi terbaik untuk Sulsel. Mengingat, selain punya komitmen, juga bebas dari prilaku korupsi.

Penegasan mahasiswa dan pemilih pemula ini disampaikan saat bertatapmuka dengan IYL di salah satu gedung di Tana Toraja yang difasilitasi Partai Berkarya Toraja.(*)


BACA JUGA