Ikut Olimpiade Quran Nasional, Fuqaha UIN Alauddin Sabet Juara 1 Tartil

Senin, 07 Mei 2018 | 13:23 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Yogyakarta,Gosulsel.Com – Mahasiswa UIN Alauddin Makassar yang tergabung dalam Forum Al Qurra’ Wal Huffad (Fuquha) UIN Alauddin Makassar kembali menorehkan prestasi gemilang dalam Olimpiade Quran Nasional yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Kerohanian Islam Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), mulai 4-6 Mei 2018.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Kerohanian Islam UNY ini sebagai rangkaian kegiatan Ulang Tahun UNY ke 54 tahun. Pembina Fuqaha UIN Alauddin Makassar, Dr. Fatmawati Hilal, M.Ag menjelaskan bahwa kehadiran mahasiswa UIN Alauddin Makassar yang tergabung dalam Fuqaha UINAM hanya bermodalkan nekat saja.

“Kehadiran aadik-adik mahasiswa UIN Alauddin Makassar di Yogyakarta, yang kesemuanya dari jurusan Ilmu Al-Quran, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat hanya bermodal nekat. Karena, biaya keberangkatan mereka bersumber dari sumbangan secukupnya dari beberapa dosen yang bersimpati kepada kenekatan mereka dan selebihnya dari saku mereka sendiri,” katanya.

Ia juga mengungkapkan bahwa walupun dengan modal nekat tersebut Fuqaha UIN Alauddin Makassar mempu mengharumkan nama UIN Alauddin Makassar di pentas nasional dengan meraih beberapa juara.

Seperti halnya Ahmad Subchan Harming, mahasiswa semester 2 ini meraih Juara 1 dalam Musabaqah Tartil Quran Putra dan Murfia, mahasiswi semester 6 juga meraih juara 2 dalam Musabaqah Hifdzil 10 Juz Putri. Selain itu, Imam Muslim, yang juga masih semester 2 meraih harapan 1 dalam Musabaqah Hifdzil 10 Putra.

Sedang Musabaqah Syarhil Quran yang diikuti oleh Sri Wahyuni, semester 6, Sutriani Semester 2 dan Fathurrahman Wahid Pahlawi, semester 2, meski belum masuk finalis, tapi berhasil meraih harapan 5 dari 29 peserta.

Menurutnya lagi, perolehan juara yang diraih oleh Fuqaha UIN Alauddin Makassar di UNY akan dipersembahkan untuk kampus hijau tersebut.

“Alhamdulillah, piagam penghargaan yang mereka terima ini akan kami persembahkan untuk UIN Alauddin Makassar sekaligus menagih janji wakil rektor 3, Prof. Aisyah, Ph.D terkait reward atas prestasi mereka” tambanya.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, juga kepada adik-adik Alumni DDI Mangkoso (IADI) Yogjakarta yang telah menampung mereka selama mengikuti olimpiade,” tutupnya.(*)