Jelang Awal Ramadan, Kemenag Sulsel Pantau Hilal di Makassar

Selasa, 15 Mei 2018 | 18:39 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Makassar,Gosulsel.com – Jelang penentuan awal bulan suci Ramadan, Kantor Kementrian Agama Wilayah (Kanwil) Sulsel, pantau hilal di gedung Mall GTC, Jl Tanjunga Bungan Makassar, Selasa (15/5/2018).

Pemantauan hilal tersebut dihadiri beberapa Tim pemantau Hilal, seperti Kemenag Sulsel, dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Makassar, Badan Hisab Rukyat (BHR), Astronom Amatir Makassar (AAM), serta turut hadir juga Jurusan Ilmu Falak UIN Alauddin Makassar.

Kepala Bidang (Kabid) Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Kanwil Sulsel, Iskandar Pellang mengungkapkan pemantauan ini untuk melihat kebaradaan hilal sebagai pertanda awal bulan Ramadan.

“Setelah selesai salat Maghrib, kita sama-sama lihat itu hilal yang kita cari dimana itu dia berada,” ungkapnya yang juga merupakan Plt Kepala Kanwil Sulsel.

Selain itu, Iskandar Pellang juga mengatakan bahwa hasil Rukyatul Hilal pada hari ini akan menjadi bahan yang akan dilaporkan ke Kementrian Agama RI di Jakarta yang malam ini akan menggelar sidang Isbat.

“Hasil Rukyat sebentar sebagai bahan untuk kami laporkan ke Jakarta untuk sidang Isbat sebentar,” tambahnya.

Lanjut Iskandar Pellang, kalau pun sore hari ini pihaknya belum melihat hilal maka akan dilakukan Istikmal, yaitu pencukupan atau menyempurnakan bilang bulan Sya’ban menjadi 30 hari.(*)