Perketat Penjagaan, Polres Gowa Wajibkan Penggunaan Id Card Untuk Tamu

Kamis, 17 Mei 2018 | 10:29 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Berdasarkan sudut pandang management Security, yakni menyiapkan One Gate System pada kantor-kantor polisi, maka Polres Gowa memberlakukan sistem tersebut sebagai wujud antisipasi kepolisian terhadap berbagai bentuk kejadian yang tidak diinginkan.

Kapolres Gowa, Akbp Shinto Silitonga saat dikonfirmasi mengatakan, dengan adanya warning peristiwa yang terjadi di Surabaya, maka Polres Gowa meningkatkan pengamanan kantor Polres Gowa dengan Management Security yang lebih ketat.

“Sehingga kami tidak hanya memasang pengamanan personil, tetapi bagi tamu-tamu masyarakat yang akan dilayani secara kedinasan di polres gowa, diberikan Id-card,” jelas Kapolres Gowa.

Tak hanya itu, dan bagi para tamu juga diwajibkan meninggalkan kartu identitasnya pada bagian penjagaan.

Kapolres Gowa juga mengaskan, bahwa pada waktu-waktu tertentu Polres beserta polsek-polsek akan dipalang, sehingga tidak mudah untuk orang lain melakukan aksi yang tidak diharapkan.

Dan bagian dari management security dimana Polres Gowa akan melakukan pemeriksaan barang bawaan pengunjung.

“Dimana dengan pemeriksaan akan lebih meyakinkan kami bahwa sang tamu atau yang akan dilayani itu tidak berbahaya bahi lingkungan Polres Gowa,” tambah Akbp Shinto.

Polres Gowa juga menepatkan personil dengan persenjataan lengkap yakni senjata laras panjang disetiap penjagaan sehingga akan digunakan disetiap penjagaan di polsek-polsek yang ada di Gowa.

“Hal ini sebagai wujud kesiapsiagaan kita dalam melihat dinamika perkembangan situasi ini,” tambahnya.

Disamping itu, untuk penjagaan statis pada titik-titik tertentu di Gowa, Kapolres mengatakan untuk saat ini tidak ada, mengingat hingga saat ini Gowa relatif aman.
Dan Polres Gowa lebih cenderung melakukan patroli secara mobile, sehingga bisa lebih luas jangkauannya dan lebih banyak aspek-aspek yang bisa dianalisa.

Kapolres bahkan berharap management security ini dapat berjalan seterusnya, mengingat sistem ini sesungguhnya merupakan Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Semoga bisa berjalan seterusnya, karena ini sesungguhnya merupakan SOP, hanya belakangan ini saja mungkin kita yang lebih ketat, dan meskipun dalam situasi kedepan relatif aman, namanya prosedur, kita akan melakukannya seterusnya,” tutup Kapolres Gowa. (*)


BACA JUGA