Cegah Aktivitas Mesum, Satpol PP Sulsel Akan Razia Hotel Melati

Jumat, 18 Mei 2018 | 02:32 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, Gosulsel.com — Untuk menjaga kekhusyuan bulan suci Ramadan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan melakukan beberapa kegiatan pengamanan. Salah satunya melakukan razia atau pemeriksaan ke hotel-hotel melati atau bintang tiga ke bawah.

Kepala Satpol PP Sulsel, Mujiono mengatakan  razia ini wajib dilakukan oleh pihaknya untuk menghindari penyalahgunaan izin hotel. Terlebih di bulan puasa, yang sering kali hotel menengah ke bawah ini sering dipakai untuk berbuat mesum.

“Sudah ada surat edaran ke kabupaten-kota, mereka berhak membentuk tim untuk melakukan razia di penginapan. Minimal tidak membawa senjata tajam dan minuman keras,” katanya, saat ditemui di Kantor Satpol PP Sulsel, Kamis (17/5/2018).

Selain itu, dalam surat edaran tersebut jajaran Satpol PP dan Satlinmas diminta untuk turun ke pasar tumpah yang sering mengakibatkan kemacetan lalu lintas. Serta mencegah terjadinya sweping dari organisasi tertentu.

Untuk memaksimalkan upaya pencegahan, Satpol PP Sulsel bersama Satpol PP Kota Makassar, Kabupaten Maros, Gowa dan Takalar melaksanakan patroli keamanan Kota. Kegiatan ini akan dilakukan di awal Ramadan dan menjelang lebaran.

“Kita lupakan 150 personil dari Satpol PP gabungan. Bukan cuma mengantisipasi terorisme, tapi juga terkait pengamanan kejahatan begal dan balapan liar. Kalau ada yang kumpul-kumpul kita beri peringatan dan minta bubar,” jelasnya.

Kegiatan patroli keamanan Kota ini mulai dilakukan setelah salat Tarwih sampai jam 02.00 menjelang sahur. Jika ditemukan tindakan pidana atau kejahatan dilakukan koordinasi dengan pihak kepolisian.

Sementara itu, untuk pengamanan kantor pemerintahan selama Ramadan. Satpol PP akan lebih memperketat mengingat tindakan pencurian marak di malam hari.(*)


BACA JUGA