Ini Sembilan Desa Yang Turut Serta dalam Lomba Desa Dinas PMD

Jumat, 18 Mei 2018 | 13:53 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gowa menggelar lomba antar desa. Lomba antar desa ini diikuti oleh sembilan desa.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas PMD, Muh Asrul saat ditemui diruangannya. Jumat (18/5/2018).

“Dari sembilan desa kita akan cari empat desa, nah dari empat desa ini nanti dicari juara satu maka akan mewakili Gowa lomba ke provinsi,” kata Asrul.

Sembilan desa yang tahun ini menjadi peserta lomba desa yakni Desa Je’netalala, Kecamatan Pallangga, Desa Bone, Kecamatan Bajeng, Desa Bontolangkasa, Kecamatan Bontonompo Selatan, Desa Bontolempangang Kecamatan Bontolempangang, Desa Datara Kecamatan Tompobulu, Desa Belapunranga Kecamatan Parangloe, Desa Kanjilo Kecamatan Barombong, Desa Mata Allo Kecamatan Bontomarannu, dan Desa Bolaromang Kecamatan Tombolopao.

Asrul juga mengatakan, saat ini dalam penilaiannya dalam proses evaluasi dan penetapan rangking 1,2,3 akan ditetapkan pada senin mendatang.

Sedangkan, kriteria penilaian lomba desa ada tiga poin yakni masalah pendidikan, kesehatan dan masalah ekonomi yang ada di desa tersebut.

“Termasuk didalamnya lembaga masyarakat dan pembedayaannya,” ujarnya.

Menurut Asrul, diantara desa-desa tersebut sudah berpengalaman mengikuti lomba desa di tingkat Kabupaten dan Provinsi pada tahun-tahun yang lalu.

Perlombaan yang digelar setiap tahun ini kata Asrul untuk melihat tingkat capaian dan perkembangan desa tersebut.

“Apakah desa tersebut capaiannya tahun ini meningkat atau malah menurun, selain itu kita juga bisa melihat sejauh mana penerapan-penerapan aturan yang ada di desa, apakah berjalan atau tidak, dan ada perkembangan atau tidak,” jelas Asrul.(*)


BACA JUGA