Maros Raih WTP Lima Kali Berturut-turut, Jasa Layanan Kesehatan Tidak Sesuai

Jumat, 25 Mei 2018 | 14:39 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

Maros, GoSulsel.com — Kabupaten Maros kembali menorehkan prestasi dibidang keuangan. Maros berhasil kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulsel atas laporan keuangan Pemkab Maros tahun 2017. Jumat (25/5/2018).

Ini merupakan opini lima kali berturut-turut yang diraih kabupaten Maros. Terhitung sejak tahun 2014 lalu Maros berhasil meraih WTP dan dapat mempertahankan hingga tahun 2018 ini. Opini WTP ini dibacakan langsung oleh Kepala perwakilan BPK provinsi Sulsel Widiyatmantoro.

Widiyatmantoro menuturkan, pemeriksaan ditujukan untuk memberikan opini atas kewajaran Laporan Keuangan Pemkab Maros tahun 2017 dengan memperhatikan kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektifitas sistem pengendalian intern.

Meski memperoleh opini WTP, namun BPK kata dia masih menemukan beberapa permasalahan. Seperti pengelolaan pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan yang dilakukan oleh Badan Pengelola Keuangan belum optimal dan pengelolaan utang jangka pendek lainnya belum memadai, realisasi jasa pelayanan kesehatan pada RSUD Salewangang tidak sesuai dengan ketentuan.

“Tapi permasalahan ini secara umum tidak mengotori laporan keuangan,” bebernya.

Sedangkan Bupati Maros Hatta Rahman, mengakui pemeriksaan tahun ini jauh lebih berat dibanding tahun sebelumnya. Pemeriksa kata Hatta sangat teliti dan lebih baik. “Dengan begini tentu kedepan kami akan lebih baik lagi dalam pelaporan keuangan sehingga laporan keuangan Maros bisa lebih berkualitas,” papar Hatta.(*)