Masalah Ketahanan Pangan Jadi Prioritas KPPU Makassar

Jumat, 25 Mei 2018 | 01:52 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

MAKASSAR, Gosulsel.com – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Indonesia kini resmi memiliki ketua baru. Kantor Perwakilan Daerah (KPD) KPPU Makassar menggelar forum jurnalis yang memperkenalkan pejabat baru KPPU tersebut, di Gedung GKN II Makassar, Kamis (24/05/2018).

Ketua KPPU RI Periode 2018-2023, Kurnia Toha telah resmi menjabat setelah dilantik oleh Presiden RI (2/5) di Istana Negara. Kurnia Toha menggantikan Syarkawi Rauf yang sebelumnya menjabat sebagau Ketua KPPU RI periode 2012-2018.

Dalam forum jurnalis yang digelar, Ketua KPPU RI Kurnia Toha hadir didampingi Sekretaris Jenderal KPPU RI Charles Pandji Dewanto dan Ketua KPD KPPU Makassar Aru Armando.

Dalam sambutannya, Sekretasi Jenderal KPPU RI Charles Pandji Dewanto menyampaikan, KPPU mengunjungi KPD-KPD yang ada di daerah dalam rangka memperkenalkan ketua dan komisioner KPPU RI yang baru saja dilantik.

“Perkenalan untuk komisioner periode 2018-2023 yang baru saja sudah dilantik tanggal 2 Mei kemarin. Kita perkenalkan ke daerah-daerah, ketua KPPU kita yang baru sudah mulai melaksanakan tugasnya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPPU RI Kurnia Toha menyampaikan, tujuan utama KPPU yaitu menjaga kepentingan umum, menjaga efisiensi ekonomi nasional, mendukung/ mendorong terjadinya efisiensi perusahaan, mencegah terjadinya praktek monopoli persaingan usaha yang tidak sehat.

“Dalam rangka mencapai tujuan ini, maka KPPU mempunyai prioritas utama. Salah satunya bidang pangan,” jelasnya.

Lanjutnya, disamping bidang prioritas tersebut bidang lain yang mempunyai pengaruh besar terhadap masyarakat juga juga tak lepas dari pengawasan KPPU. “Tujuannya adalah bagaimana supaya pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya bisa melakukan persaingan usaha secara sehat sehingga tidak merugikan masyarakat,” tutupnya.(*)


BACA JUGA