Ini Tujuan Pemkab Gowa Terapkan Puspaga Program Kementerian PPPA

Sabtu, 26 Mei 2018 | 14:19 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) yang merupakan program Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak (PPPA) sudah diterapkan di Gowa sejak 2017 lalu. Ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan menuju keluarga sejahtera. 

“Sasaran dari program bertujuan, agar orangtua yang punya peran menjalankan tanggung jawab mengasuh dan melindungi anak.Sehingga, tercipta kebutuhan kasih sayang kelekatan, keselamatan dan kesejahteraan yang menetap dan berkelanjutan demi kepentingan terbaik anak, termasuk perlindungan dari kekerasan, eksploitasi, perlakuan salah dan penelantaran,” kata Kadis Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak (PP-PA) Gowa, Kawaidah Alham, Sabtu (26/5/2018).

Ketua Puspaga Gowa dr Gaffar menjelaskan, Puspaga ini masih dalam tahap sosialisasi ke masyarakat, meski demikian, Puspaga saat ini tengah bekerja sama dengan Puskesmas Pallangga yang dimulai 2018 ini.

“Maksud dari Puspaga ini adalah dilakukan pendampingan dan penanganan baik itu konseling dan parenting lalu dilanjutkan pemeriksaan kesehatan jika ada keluarga yang lagi bermasalah. Jadi fungsinya memang untuk pembelajaran bagi keluarga mulai dari yang mau menikah sampai lansia,”katanya

 Puskesmas Pallangga ini mengatakan, dengan adanya kerjasama ini sebagai wujud dukungan terhadap pemkab Gowa.

“Jadi dalam program ini kita mulai pembinaan diawal kepada warga calon pengantin, kemudian dilakukan screening kesehatan dengan program Lembaga informasi calon pengantin (Lionti Catin) atau edukasi kehidupan rumah tangga yang dilakukan oleh KUA Pallangga bersama Puskesmas. Dan ini ada MoU-nya. Kemarin lalu Komisi IX DPR RI dengan jajaran Kemenkes sudah meninjau pelaksanaan,” jelasnya. 

Tak hanya, kata dia, Puspaga juga kini bekerjasama dengan Pashmina Nasyiatul Aisyiyah dalam pembinaan kesehatan remaja yang dilakukan pada Maret lalu di MTs Muhammadyah Lempangan Limbung, Kecamatan Bajeng.

Sehingga kini Puspaga Gowa tengah melakukan pengembangan terhadap program Optimalisasi Masyarakat Layak Anak (Ommale) 1000 Hari Pertama Kehidupan yang bersinergi dengan program Dialog Hati yang merupakan program buatan Pemerintah Kecamatan Pallangga.(*)

 


BACA JUGA