#

Rumah Produktif IYL-Cakka Bisa Dijadikan Model Pembangunan Sejahterakan Rakyat

Sabtu, 26 Mei 2018 | 03:46 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Baharuddin - GoSulsel.com

Makassar,GoSulsel.com – Program  pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) terus mendapat apresiasi dari berbagai kalangan serta akademisi.

Pakar ekonomi Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Marzuki Dea, kembali mengakui jika program pasangan ini arahnya sangat jelas dan bisa tepat sasaran. Salah satunya adalah rumah produktif berbasis desa yang akan dibangun di setiap kecamatan di Sulsel.

Menurutnya,  Rumah Produktif IYL-Cakka memang sangat dinantikan warga. Pasalnya, di rumah produktif,  warga dan pelaku usaha pemula akan diberikan pendampingan. Begitu juga ada puluhan jenis keterampilan, serta kemudahan lainnya.

“Program kerja yang berbasis ekonomi rakyat, seperti misalnya program rumah produktif cukup relevan dan dapat dijadikan model pembangunan yang menyertakan rakyat, dalam proses ekonomi dan bisnis sesuai potensi lokal masing-masing wilayah di Sulsel,” kata Marzuki Dea, Jumat (25/5/2018).

Dia mengatakan, program ini memang benar-benar layak dikategorikan unggulan. Pasalnya menyangkut kebutuhan rakyat dan daerah. Ditengah persaingan usaha yang ketat, rumah produktif akan mampu mengekspose dan membantu pengusaha lokal.

Tidak hanya itu saja, melalui program ini dipastikan akan menekan angka pengangguran. Pasalnya, jika ada beberapa industri yang terbangun, maka pasti membutuhkan tenaga kerja.

“Dapat menjadi model unggulan. Karena secara tidak langsu berarti dapat mengurangi pengangguran dan sekaligus kemiskinan di masing-masing wilayah, dimana program tersebut dilaksanakan,” tandasnya.(*)


BACA JUGA