#

Akademisi Unismuh Sebut Persentase Survei JSI Rasional

Rabu, 30 Mei 2018 | 08:27 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Andi Luhur Priyanto memberikan penilaian tersendiri terhadap hasil survei yang dilakukan Jaringan Suara Indonesia (JSI).

Menurutnya, JSI telah mempublikasikan hasil survei perilaku pemilih Pilgub Sulsel bulan lalu, akan tetapi dengan alasan kode etik lantaran belum terdaftar di KPU, sehingga tidak melakukan persentase angka.

“Beberapa bulan lalu, JSI sempat merilis hasil survey nya meskipun karena alasan kode etik, saat itu tidak membuka angka presentasi dukungan,” kata Luhur saat dikonfirmasi, Selasa (29/5/2018).

Melihat dari beberapa hasil survei sebelumnya, Luhur menilai hasil persentase yang dirilis JSI memang terbilang logis dan rasional. Pasalnya, dari selisih persentase antar kandidat sangat kompetitif.

“Saya kira hampir sama dengan data sebelumnya. Situasinya juga memang masih sangat kompetitif. Ini sinyal berbahaya bagi semua kandidat. Kemenangan akan di tentukan oleh endurance dan stamina untuk bertarung hingga last minute pencoblosan,” ucap dia.

Dia menjelaskan, pada umunya memang sejumlah lembaga survei bekerja untuk kandidat tertentu. Akan tetapi, setiap survei jika dengan kaidah dan prosedur, maka hasilnya akan valid dan kreadibel, termasuk JSI.

“Tetapi setiap survey, sepanjang dilakukan dengan kaidah dan presedur ilmiah yang benar maka hasilnya valid dan reliabel,” tandasnya.(*)


BACA JUGA