Permudah Input Data SKPD, Pemkot Makassar Luncurkan Aplikasi Smart Auditing

Kamis, 31 Mei 2018 | 22:06 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

MAKASSAR, Gosulsel.com – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Makassar Syamsu Rizal MI meluncurkan aplikasi pemeriksaan berbasis elektronik (smart auditing) lingkup pemerintah kota (pemkot) Makassar. Peluncuran tersebut disaksikan oleh segenap pejabat lingkup pemkot Makassar di Ruang Sipakalebbi Balai Kota Makassar, Kamis (31/05/2018).

Melalui aplikasi tersebut, SKPD dapat membuat database bukti pertanggungjawaban keuangan dan kegiatan secara elektronik. Inspektorat dapat memonitoring progres pertanggung jawaban keuangan dan kegiatan secara real time.

“E-auditing itu pemeriksaan berbasis elektronik oleh inspektorat ke semua OPD lingkup pemkot Makassar. Jadi biar tidak ketemu ki’, bisa mki’ langsung audit ki,” ujar Plt Wali Kota Makassar, Deng Ical, sapaan akrabnya.

Selain itu, SKPD juga dapat melengkapi bukti temuan secara elektronik.

“Jadi kita sudah buatkan programnnya yang memungkinkan mereka menginput semua data-data secara virtual. Jadi mau blangko SPPD, offline SPMU, mereka sudah dilakukan secara virtual,” lanjutnya.

Dijelaskannya, dengan smart auditing pengawasan menjadi lebih efektif dan efisien. “Sistem ini dapat mengurangi beban pemeriksaan internal inspektorat dan satuan pemeriksa internal lainnya yang ada di masing-masing SKPD,” paparnya.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Zainal Ibrahim selaku Kepala Inspektorat Makassar mengatakan, pemeriksaan SPJ keuangan dan kegiatan masih dengan surat perintah. Namun, dengan adanya smart auditing data awal yang dibutuhkan untuk perbaikan atau pertanggubg jawaban kegiatan telah ada.

“Tetap pemeriksaannya pakai surat perintah tetapi paling tidak data awal yang dibutuhkan untuk perbaikan, pertanggung jawaban kegiatan sudah ada.
Karena didalam sistem itu ada mekanisme perbaikan pertanggungjawaban,” tutupnya.(*)


BACA JUGA