KPPU Makassar Pastikan Harga dan Stok Daging Menjelang Lebaran Stabil

Minggu, 03 Juni 2018 | 14:40 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Indra Ahmad - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM– Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) jalan Tamangapa Antang Makassar, Minggu (3/6/2018) dini hari.

Ketua KPPU Makassar, Aru Armando mengungkapkan Sidak ini bertujuan untuk melakukan pengecekan dari segi pasokan atau suplai daging termasuk juga dari sisi harga.

“Apakah ada kendala dari sisi pasokan ataupun dari sisi harga, misalnya ada kekurangan pasokan menjelang lebaran, atau kita melihat tren harga apakah ada kenaikan atau tidak,”terang Aru Armando.

Dari hasil Sidak, Aru Armando mengatakan untuk harga daging saat ini masih stabil diangka Rp 95 ribu/ kilo di tingkat RPH, sedangkan untuk tingkat konsumen berada di harga Rp 100 ribu/kilo.

“Di Ramadan ini tidak ada kenaikan, cuma dari sisi historis data dan juga keterangan dari pedagang itu akan ada kenaikan ketika menjelang lebaran misalnya H-3 atau H-2, itu adalah puncak-puncak dari kebutuhan daging sapi,”jelasnya.

Untuk ketersediaan pasokan daging jelang lebaran, Aru Armando juga memastikan bahwa pasokan dibulan Ramadan dan menjelang lebaran stabil

“Ini cukup stabil, artinya seperti hari-hari biasa selama Ramadan ini sekitar 70 sampai 80 ekor, nanti sekitar H-3 itu sekitar 300 sampai 500 ekor,”paparnya. (*)