Bazaar Ramadan Diskop Catat Transaksi Rp100Juta

Selasa, 05 Juni 2018 | 21:00 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,Gosulsel.com – Bazaar Ramadan yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, berhasil mencatat transaksi sebesar Rp100 juta. 

Menurut Kepala Dinas Koperasi di UKM Sulsel, Abdul Malik Faisal, selama hampir tiga minggu atau 17 hari pelaksanaannya, tercatat transaksi yang terjadi setiap hari sekitar Rp4 juta hingga Rp8 juta.

“Kalau di totalkan sekitar Rp 100 juta,” kata Malik, Selasa (5/6/2018).

Ia melanjutkan,  selama bazaar berlangsung, produk yang paling banyak laku adalah jajanan buka puasa seperti kue dan minuman. Sedangkan untuk pakaian hanya laku satu hingga dua item saja.

“Ramadan tahun depan, jika event ini masih berlangsung, tentu kami menargetkan transaksi lebih besar lagi,” ungkapnya.

Setelah berlangsung selama tiga minggu di arela kantor Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, kegiatan tersebut resmi ditutup kemarin. 

Acara penutupan Bazaar Ramadan diisi dengan berbagai kegiatan. Diantaranya pengumuman juara aneka lomba yang dilaksanakan selama kegiatan bazaar berlangsung. Lomba tersebut diantaranya lomba fashion show busana muslim, lomba da’i cilik, lomba bacaan surah pendek,  dan lainnya.

Bazaar juga diisi dengan beberapa seminar ekonomi, khususnya yang terkait UMKM, Workshop Cooking Klinik, Sosialisasi pertukaran pemuda antarbangsa, Workshop UMKM Go Digital, Workshop Kewirausahaan dan masih banyak lagi.

Menurut Malik, pihaknya melibatkan pelaku usaha kecil, menengah dan mikro dalam kegiatan ini. 

Dia mengemukakan, animo masyarakat, khususnya pelaku UMKM untuk ikut kegiatan ini sangat besar. Terbukti, yang mendaftar sekitar 135 usaha.

Kepala Bidang UKM Dinas Koperasi Sulsel, Azis Bennu menjelaskan kegiatan ini juga menjadi ajang silaturrahmi sesama pelaku UMKM dan asosiasi usaha, khususnya yang menjadi binaan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel. (*)